Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Sosok Diego Maradona Sebelum Meninggal Dunia, Simak Buktinya

Liputan6.com, Jakarta - Seorang pengguna Facebook, Raheem Khan Kunnappally mengunggah sebuah video yang diklaimnya sebagai sosok legenda sepak bola asal Argentina, Diego Maradona. Raheem Khan menyebut eks pemain Napoli ini memiliki tubuh yang sangat gendut sebelum Diego Maradona meninggal dunia.

Dalam unggahan video Raheem Khan di Facebook pada Kamis (26/11/2020), Diego Maradona terlihat menendang-nendang bola tenis dengan sangat tinggi. Lalu, setelah itu legenda sepak bola yang meninggal dunia pada Rabu (25/11/2020), terlihat kelelahan.

Begini narasi yang dibuat untuk unggahan videonya:

"With such a fat body Maradona had the rare ability to hit a tennis ball at such a height."

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Dengan tubuh gendut Maradona memiliki kemampuan langka untuk menendang bola dengan ketinggian seperti itu."

Lalu, benarkah klaim di video tersebut sebagai sosok Diego Maradona?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com membuat tangkapan layar dari video unggahan Raheem Khan. Lalu, tangkapan layar itu ditelusuri ke pencarian gambar terbalik, Google Image.

Hasil penelusuran mengarahkan ke situs AFP Fact Check dengan artikel berjudul: "This video shows a character based on Maradona in a scene from the 2015 movie Youth". Artikel itu dipublikasikan pada 16 Juni 2020.

Dalam artikelnya, AFP Fact Check menyebut video itu pertama kali beredar di Facebook pada 27 September 2018. Akun Facebook Boiler Room, sebuah saluran televisi yang memiliki tanda centang biru atau terverifikasi, sebagai akun pertama yang mengunggah video tersebut.

Untuk keterangan video tersebut berbunyi sebagai berikut: "Maradona kicking a tennis ball in Paolo Sorrentino's Youth". Paolo Sorrentino adalah pembuat film asal Italia yang menyutradari film Youth tahun 2015.

Dalam film Youth, orang yang memerankan Diego Maradona adalah aktor asal Argentina, Roly Serrano. Film tersebut rilis di tahun 2015. Youth memang film drama komedi yang menggambarkan sosok Maradona mengalami obesitas.

Perhatikan perbandingan sosok Diego Maradona di bawah ini:

Pada Rabu (25/11/2020) waktu setempat, Diego Maradona meninggal dunia. Keterangan ini dikutip dari artikel di kanal Bola Liputan6.com dengan judul: "Diego Maradona Meninggal Dunia akibat Serangan Jantung".

Di artikel itu, Maradona meninggal dunia karena serangan jantung. Maradona meninggal di usia 60 tahun. Media Argentina Clarin dan Ole melaporkan kabar duka ini. Maradona sedang berada di Tigre saat kejadian.

Dia baru saja meninggalkan rumah sakit setelah menjalani operasi otak. Maradona menderita pembekuan darah di otak atau biasa disebut hematoma subdural.

 

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Video yang mengkalim Maradona bertubuh gendut menendang bola tenis sebelum meninggal dunia adalah salah.

Faktanya, video itu merupakan cuplikan film Youth yang rilis di tahun 2015. Video itu memang menggambarkan Diego Maradona, yang diperankan oleh aktor asal Argentina, Roly Serrano.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: