Sukses

Cek Fakta: Ini Bukan Foto Penampakan Jenazah Kobe Bryant yang Tewas Kecelakaan Helikopter

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial Facebook dihebohkan dengan sebuah foto yang diduga jenazah legenda NBA, Kobe Bryant. Legenda basket Amerika Serikat (AS) itu meninggal dunia karena kecelakaan helikopter, 26 Januari 2020.

Akun Facebook atas nama Mojolajesu Fabulouz Otun mengunggah foto jenazah yang dia duga Kobe Bryant. Jenazah yang ada di dalam foto tersebut terlihat gosong.

Berikut ini narasi yang dia buat untuk foto tersebut:

"Ini foto sisa-sisa dari legenda Kobe Bryant yang terbakar.

Beristirahatlah dalam damai legenda Kobe."

Lalu, benarkah foto tersebut merupakan jenazah Kobe Bryant yang tewas karena kecelakaan helikopter?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menggunakan mesin pencari, Google Image untuk menelusuri kebenaran tersebut. Hasil penelusuran mengarahkan kepada artikel yang ada di AFP.

Artikel itu berjudul: "Alleged pictures of Kobe Bryant’s body show Halloween props". Artikel tersebut sudah dipublikasikan oleh AFP Fact Check pada 8 Februari 2020.

Dalam artikel tersebut, AFP menemukan sebuah fakta setelah melakukan dengan pencarian gambar terbalik di Yandex. Dari mesin pencari itu, diketahui kalau foto yang diduga jenazah Kobe Bryant adalah alat peraga Halloween untuk keperluan televisi dan film.

Sebuah perusahaan yang berbasis di AS, Aten Collection, mendeskripsikan alat peraga itu sebagai "tubuh wanita yang terbakar". Biaya sewa untuk alat peraga itu sebesar 234 dolar Amerika Serikat per minggu. (Lihat foto aslinya di tautan ini)

Sementara itu, Kobe Bryant meninggal dunia dalam kecelakaan helikopter di Calabasas dekat Los Angeles, California. Helikopter itu jatuh ke tanah dan langsung meledak. Kobe Bryant pun dinyatakan tewas di tempat. Kobe Bryant meninggal saat usianya menginjak 41 tahun.

Kecelakaan helikopter tersebut tak hanya menewaskan sang atlet saja, akan tetapi empat orang lainnya termasuk putri Kobe Bryant yang baru berusia 13 tahun Gianna Bryant.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Dari hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, foto yang menyebut jenazah Kobe Bryant hangus terbakar sudah bocor adalah salah. Faktanya, foto itu merupakan alat peraga Halloween untuk keperluan televisi dan film.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.