Sukses

Kumpulan Hoaks soal Vaksin Covid-19 Buatan China

Sebanyak 1,2 juta vaksin covid-19 buatan China sudah tiba sejak Minggu malam lalu dan Presiden Joko Widodo sudah menggratiskan vaksinasi untuk rakyat Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Vaksin covid-19 buatan China sudah tiba di Indonesia. Sebanyak 1,2 juta vaksin sudah tiba sejak Minggu malam lalu dan Presiden Joko Widodo sudah menggratiskan vaksinasi untuk rakyat Indonesia.

Jelang vaksinasi, banyak hoaks vaksin covid-19 buatan China yang bertebaran di media sosial. Bahkan, hoaks ini datang sebelum vaksin buatan China tiba di Indonesia.

Apa saja hoaks soal vaksin covid-19 buatan China?

1. Klaim China Tidak Pakai Vaksin Covid-19 Buatan Sendiri

Seorang pengguna Facebook, Toni Suharto pada Kamis (17/12/2020) mengunggah klaim yang menyebut China tidak menggunakan vaksin covid-19 buatan sendiri. Dia merasa heran Indonesia malah membeli vaksin covid-19 dari China.

Dalam unggahannya itu, Toni Suharto juga mengunggah artikel di Tempo dengan judul: "Vaksin Covid-19 Pfizer akan Masuk Cina Tahun Depan".

Begini narasi klaim yang ada diunggah Toni Suharto:

"Cina impor vaksin 7,2 juta dosis dari Jerman, Indonesia impor vaksin dari china

HEBATNYA PEMERINTAH INDONESIA, SAKING HEBATNYA SAMPAI DI BODOHI CHINA, HEBATNYA PEMERINTAH INDONESIA ADALAH IMPORT VAKSIN DARI CHINA, SEDANGKAN CHINA IMPORT VAKSIN DARI JERMAN

PINTARNYA CHINA ADALAH CHINA SENDIRI TAK MAU MEMAKAI VAKSIN BUATANNYA MEREKA SENDIRI, KARENA TAHU EFEK DAN BAHAYANYA, AKHIRNYA CHINA IMPORT VAKSIN DARI JERMAN

SUNGGUH HEBATNYA INDONESIA, HEBAT DI MODUSI CHINA , PLONGA PLONGO DI TIPU".

Baca selengkapnya di sini.

 

 

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

2. Klaim Rakyat Indonesia akan Dibunuh Vaksin China

Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim rakyat Indonesia akan dibunuh vaksin China. Klaim rakyat Indonesia akan dibunuh vaksin China diunggah akun Facebook Sriwulan Sari Mci, pada 24 November 2020.

Unggahan tersebut berupa video yang menampilkan siaran berita stasiun televisi CNN Indonesia berjudul "Potensi Bahaya Vaksin Covid-19".

Video yang diunggah diberikan keterangan sebagai berikut:

"Assalamualaikum...Info untuk sahabat semua...🤔Akhir tahun ini Suntik Vaksin sdh tersedia, Hati2 dgn bahaya Vaksin Covid-19 Rakyat indonesia akan dibunuh Vaksin Cina😲Yuuukkk dari sekarang kita jaga imun tubuh kita dengan ikhtiar produk kesehatan Alami dari Mci 🤗Happy Sharing💕"

Baca selengkapnya di sini.

 

3 dari 5 halaman

3. China Pulih dari Covid-19 Tanpa Vaksin

Segelintir warganet mengunggah sebuah narasi yang mengklaim China bisa terbebas dari virus corona covid-19 tanpa vaksin. Netizen menyebut tidak ada media yang memberitakan klaim tersebut.

Salah satu akun Facebook yang mengunggah narasi dengan klaim China bisa terbebas dari virus corona covid-19 tanpa vaksin adalah Nell Age. Dia mengunggah klaim itu pada 30 November 2020.

Begini narasinya:

"WHY DID CHINA RECOVER WITHOUT A VACCINE? AND WHY DOESN’T ANYBODY TALK ABOUT IT?"

Bila diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Mengapa China bisa kembali pulih tanpa vaksin? Dan mengapa tidak ada orang yang bicara tentang itu?"

Sejak diunggah di media sosial, narasi itu sudah dibagikan 180 kali dan mendapat 22 komentar dari warga Facebook lainnya.

Baca selengkapnya di sini.

 

4 dari 5 halaman

4. Klaim Masyarakat Zimbabwe Kena Penyakit Kulit usai Divaksin Buatan China

Di media sosial beredar sebuah unggahan yang menyebut masyarakat Zimbabwe terkena penyakit kulit setelah disuntik vaksin buatan China. Ada juga foto mengklaim sebagai penyakit kulit yang menimpa masyarakat Zimbabwe.

Adalah akun Facebook yang menggunakan nama Tim Surau Suhatri Ramang mengunggah foto masyarakat Zimbabwe terkena penyakit kulit usai disuntik vaksin buatan China. Begini narasinya:

"Akibat Suntik Vaksin dari Cina , Masyarakat Zimbabwe Terkena Penyakit Kulit Ber Air. NEGARA ZIMBABWE , adalah Negara yang di Kuasai sama Negara Tiongkok ( China Komunis).

Mata Uang Negara Zimbabwe , Memakai Mata Uang yang Syah adalah Mata Uang Cina = Yuan..!!! Kemungkinan Besar Negara Indonesia Bisa Terjadi Seperti Zimbabwe…!!!"

Melalui pencarian CrowdTangle, foto itu berada di Facebook pada 20 November 2020, pukul 15.50 WIB.

Baca selengkapnya di sini.

 

5 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.