Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kabar Cristiano Ronaldo Masuk Islam pada 8 Desember 2020

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pemain sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo masuk Islam beredar di media sosial.

Kabar tersebut disebarkan lewat artikel berjudul "Subhanaallah.Cristiano Ronaldo Masuk Islam dan Ucapkan Assalamualaikum" yang dimuat situs new.kisahinspiratiff.com pada 8 Desember 2020.

Dalam artikel tersebut, terpajang foto Ronaldo mengenakan baju gamis berwarna putih dengan penutup kepala.

Ia tampak berpose bersama dua pria sambil memegang bahu anak laki-lakinya. Foto tersebut kemudian dikaitkan dengan kepindahan keyakinan Ronaldo.

"Cristiano Ronaldo masuk Islam? Begitu pertanyaan netizen dan fans berat Real Madrid setelah," tulis artikel tersebut.

Benarkah Cristiano Ronaldo masuk Islam? Berikut penelusurannya.

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang pemain sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo masuk Islam.

Penelusuran dilakukan dengan mengunggah foto Ronaldo mengenakan baju gamis ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai foto tersebut.

Satu di antaranya artikel "Dear Mr. Ronaldo, have you considered moving to Dubai?"yang dimuat situs stepfeed.com pada 2 Juli 2019 lalu.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Situs stepfeed.com

Foto tersebut ternyata bersumber dari situs arabianbusiness.com. Foto itu diambil ketika Ronaldo tengah berkunjung ke Dubai, Uni Emirat Arab.

Foto tersebut juga ditemukan di Twitter. Adalah akun Twitter @ReyLaMadrid yang mengunggah foto tersebut pada 26 Desember 2014 silam.

Gambar Tangkapan Layar Foto dari Akun Twitter @ReyLaMadrid

"CR7 with his kid enjoying the holidays in Dubai haha," tulis akun Twitter @ReyLaMadrid.

Penelusuran kemudian dilanjutkan dengan memasukkan kata kunci "cristiano ronaldo masuk islam" ke situs Google Reverse Image. Hasilnya terdapat beberapa artikel yang membantah kabar tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "6 Hoaks Heboh yang Menyeret Nama Cristiano Ronaldo" yang dimuat situs Liputan6.com pada 30 Juli 2020 lalu.

Beberapa tahun lalu, Ronaldo tertangkap kamera sedang memegang sebuah bingkai bertuliskan lafadz dua kalimat syahadat. Rumor bahwa Ronaldo menjadi mualaf pun seketika merebak dengan cepat. Beberapa media Iran dan Timur Tengah sempat memberitakan hal tersebut.

Namun, hingga saat ini, Ronaldo masih menganut agama kepercayaannya sejak lahir, yakni kristen. Di penghujung tahun 2019, dia merayakan Natal bersama keluarganya.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Kabar tentang pemain sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo masuk Islam ternyata tidak benar. Faktanya, Ronaldo saat ini masih menganut agama kepercayaannya sejak lahir, yakni Kristen. Foto Ronaldo berbaju gamis tidak ada kaitannya dengan kepindahan agama. Konten yang disebarkan situs new.kisahinspiratiff.com masuk kategori palsu.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.