Sukses

Cek Fakta: Hoaks Kantor Kemensos Kebakaran Pada Senin 7 Desember 2020, Ini Buktinya

Netizen menyebut terjadi kebakaran di Kantor Kemensos (Kementerian Sosial). Klaim tersebut berada di Facebook pada Senin (7/12/2020) siang WIB.

Liputan6.com, Jakarta - Netizen menyebut terjadi kebakaran di Kantor Kemensos (Kementerian Sosial). Klaim tersebut berada di Facebook pada Senin (7/12/2020) siang WIB.

Salah satu warga Facebook yang mengklaim terjadi kebakaran di Kantor Kemensos adalah akun atas nama Thau Fix Qu. Dia juga mengklaim kebakaran itu terjadi setelah Mensos Juliari Batubara menjadi tersangka KPK.

Begini narasi yang dia buat:

"Habis tertangkap KPK..dan jd tersangka..timbul kantor nya tbakar.ada apa dgn api..dana covid hampir 700T.."

Akun itu juga membagikan sebuah link berita milik CNN Indonesia dengan judul: "Kebakaran Terjadi di Lantai 3 Gedung Kemensos".

Lalu, benarkah klaim yang menyebut kebakaran di Kantor Kemensos pada Senin (7/12/2020)?

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran klaim tersebut, Cek Fakta Liputan6.com menghubungi Kepala Biro Humas Kemensos, Wiwit Widiansyah. Dia membantah terjadi kebakaran di Kantor Kemensos.

"Itu berita lama ya," katanya membalas pertanyaan Cek Fakta Liputan6.com sambil memberikan link berita kebakaran di Gedung Kemensos pada bulan September lalu.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com membuka artikel milik CNN Indonesia yang turut disertakan oleh akun Thau Fix Qu. Rupanya, berita berjudul: "Kebakaran Terjadi di Lantai 3 Gedung Kemensos", merupakan kejadian pada 21 September 2020.

Begini narasi di artikel milik CNN Indonesia:

"Jakarta, CNN Indonesia -- Kebakaran terjadi di gedung Kementerian Sosial (Kemensos), Jalan Salemba Raya, Jakarta Pusat, Senin (21/9) dini hari WIB.

Seperti dilansir dari akun twitter BPBD DKI Jakarta, kebakaran terjadi sekitar pukul 03.55 WIB. Adapun sejauh ini yang terbakar diketahui berada pada lantai 3 gedung tersebut.

"Saat ini dalam proses pemadaman," demikian keterangan BPBD DKI Jakarta.

Belum diketahui penyebab serta apakah ada korban dalam kebakaran tersebut. CNNIndonesia.com pun masih berusaha mencari tahu lebih lanjut mengenai penanggulangan kebakaran tersebut oleh petugas."

Informasi tentang kebakaran pada 21 September 2020 juga bisa dilihat di situs resmi Kemensos. Klik tautan ini untuk membaca artikelnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Klaim yang menyebut Kantor Kemensos kebakaran pada Senin (7/12/2020) adalah hoaks. Faktanya, kebakaran di Kantor Kemensos terjadi ada 21 September 2020.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.