Sukses

Cek Fakta: Ada Akun Twitter Catut Nama Bank BRI, Simak Penelusurannya

Liputan6.com, Jakarta - Pengguna Twitter dikejutkan dengan kemunculan akun yang mengklaim sebagai Bank BRI. Akun dengan alamat @BRI_ID1 ini berada di Twitter sejak November 2020.

Akun tersebut menjawab pertanyaan dari beberapa customer Bank BRI dan meminta menghubungi sebuah nomor melalu aplikasi WhatsApp.

Sejak aktif di Twitter, akun @BRI_ID1 ini menjawab pertanyaan tentang keluhan customer Bank BRI, mulai dari masalah transfer hingga gangguan di mesin ATM.

Akun yang mengklaim sebagai PT Bank Rakyat Indonesia itu hanya memiliki 10 pengikut di Twitter. Akun ini kali terakhir menjawab pertanyaan customer pada 28 November 2020.

Lalu, benarkah itu akun asli dari dari Bank BRI?

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Untuk menelusuri kebenaran klaim dari akun Twitter @BRI_ID1, Cek Fakta Liputan6.com membuka situs Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo). Dari situs tersebut, ada artikel berjudul: "[HOAKS] Akun Twitter Mengatasnamakan Bank BRI".

Dalam artikel tersebut, Kominfo menyatakan akun Twitter resmi yang dimiliki Bank BRI bernama @BANKBRI_ID dan memiliki pengikut lebih kurang sekitar 162.900. Pada akun resmi milik Bank BRI disebutkan agar masyarakat terutama pengguna platform Twitter berhati-hati terhadap akun @BRI_ID1 karena merupakan akun palsu.

Selanjutnya, Cek Fakta Liputan6.com juga mengunjungi akun Twitter resmi milik Bank BRI, @BANKBRI_ID yang mendapat centang biru atau terverifikasi. Dari akun tersebut, Bank BRI menjawab pertanyaan seorang customer yang sudah tertipu setelah mengikuti arahan dari akun palsu tersebut.

Berikut ini bantahan dari akun resmi Bank BRI:

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Akun Twitter @BRI_ID1 yang memiliki 10 pengikut merupakan hoaks alias akun palsu dari Bank BRI. Akun Twitter resmi yang dimiliki Bank BRI bernama @BANKBRI_ID yang memiliki tanda centang biru.

 

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

 

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini: