Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar dalam Foto Ini Pemandangan Saat Melewati Tol Laut

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati klaim foto pemandangan saat melewati tol laut buatan pemerintah. Foto pemandangan saat melewati tol laut diunggah akun Facebook Dukung Jokowi 3 Periode, pada 20 November 2020.

Foto yang diunggah menampilkan dalam kabin kendaraan dengan pemandangan kaca depan sejulah ikan dan tiga orang peselam.

Dalam foto tersebut terdapat tulisan sebagai berikut:

 "Diving

Lewat Tol Laut Aja"

Foto tersebut diberi keterangan sebagai berikut:

"Mimin lagi lewat tol laut ehh ga sengaja bertemu orang lagi diving. Memang ya semuanya serba mudah diera Jokowi ini. Sembako murah segalanya murah apalagi ditambah dengan adanya Tol laut membuat jalur distribusi semakin pendek dan tentunya barang akan semakin murah. Terima kasih pak Jokowi".

Benarkah foto tersebut pemandangan saat melewati tol laut ? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto pemandangan saat melewati tol laut, dengan menggunakan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sedang melewati tol laut

 

 Penelusuran mengarah pada situs dragonholidaysbd.com, dalam situs tersebut terdapat foto yang identik dengan klaim.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sedang melewati tol laut

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sedang melewati tol laut

Kesamaan foto tersebut terdapat pada tiga orang peselam, ikan berwarna oranye, dan letak ikan lain. Namun, di foto tersebut tidak ada kabin kendaraan seperti yang ada di klaim foto tol laut.

Penelusuran dilanjutkan dengan memfokuskan pada kabin kendaraan dengan menggunakan Google Image.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sedang melewati tol laut

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Merawat Tint Kaca Jendela Mobil agar Selalu Terlihat Bagus" yang dimuat situs rainbowrentcar.com, pada 19 September 2020.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sedang melewati tol laut

 

 

 

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto sedang melewati tol laut

Situs rainbowrentcar.com memuat foto kabin kendaraan yang identik dengan klaim foto, adapun kesamaan foto tersebut adalah, posisi tangan yang menggenggam kemudi, stiker berbentuk bulat di pojok kanan bawah kaca, kaca sepion tengah dan lubang pendingin udara.

 

Konsep Tol Laut

Dalam artikel berjudul "Tol Laut dan Kereta Jalur Ganda Senjata Jokowi di Infrastruktur" yang dimuat situs liputan6.com,  Presiden Joko Widodo menjelaskan mengenai konsep tol laut yang digagasnya adalah infrastruktur kapal laut yang menghubungkan antar pulau.

"Infrastruktur di negara ini paling penting ke depan adalah tol laut. Tol laut ini artinya kapal dari barat sampai ke timur selalu bolak-balik," kata Jokowi. 

 

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim foto pemandangan saat melewati tol laut tidak benar. Foto tersebut hasil editan dari dua foto yang berbeda.

Konsep tol laut adalah kapal yang menghubungkan antar pulau, bukan infrastruktur jalan yang dibangun di bawah laut. 

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam  cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.