Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Orang Terkaya Afrika Bagikan Bantuan Melalui Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan bagi-bagi bantuan mengatasnamakan pengusaha asal Nigeria sekaligus orang terkaya di benua Afrika, Aliko Dangote. Postingan ini ramai dibagikan sejak akhir tahun lalu.

Salah satunya adalah akun di Facebook bernama Dangote Giveaway. Akun ini selalu membuat postingan terkait pemberian bantuan tersebut.

Seperti dalam postingan tanggal 8 November 2020 kemarin. Berikut narasinya:

"Selamat malam semuanya

NAMA SAYA ALIKO DANGOTE. AKU INGIN MEMBANTU 30,000 ORANG PERTAMA yang memberitahuku satu hal yang kau butuhkan dariku dan aku bersumpah untuk melakukannya untukmu. Aku janji akan melakukannya.

Ini adalah batch lain untuk seperangkat orang lain untuk diterapkan, pemenang akan diumumkan sebelum pukul 9 hari ini1. UANG-50,0002. MAKANAN3. RUMAH4. BEASISWA UNTUK BELAJAR DI LUAR NEGERI6. PROMOSIKAN BISNIS ANDA7. SIGNIFIKAN LAINNYAKirimi saya pesan melalui tombol kirim pesan di bawah, Apa pun yang Anda pilih adalah milik Anda! Mulai sekarang!"

Lalu benarkah Aliko Dangote memberikan bantuan melalui Facebook?

 

 

2 dari 5 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dan menemukan artikel dari AFP Fact Check berjudul "Scam alert: Africa’s richest man is not running a Facebook giveaway for youths affected by Covid-19" yang tayang 18 November 2020.

Dalam artikel tersebut AFP Fact Check meminta konfirmasi dari juru bicara Dangote Group, Anthony Chiejina.

"Alhaji Aliko Dongate tidak mempunyai akun Facebook hingga saat ini. Ia hanya berkomunikasi dengan publik melalui akun Twitter yang sudah terverifikasi," ujar Chiejina.

"Selain itu bantuan yang diberikan Dangote hanya melalui yayasannya dan bisa dilihat dalam website berikut ini dan akun laman Facebook ini," katanya menambahkan.

AFP Fact Check menjelaskan akun seperti ini terindikasi melakukan penipuan. Jika kita mengirim pesan maka akan dimintai data pribadi yang sangat berbahaya jika diberikan.

Aliko Dangote merupakan orang terkaya di Afrika seperti dilansir versi media bisnis AS, Forbes. Hingga Juli 2020, pria asal Nigeria itu mempunyai estimasi kekayaan hingga 8,3 miliar dolar AS.

Dilansir AFP Fact Check, Dangote memberikan bantuan covid-19 sebesar 3,8 juta dolar AS yang disalurkan melalui UNDP. Ia juga memprakarsai terbentuknya CACOVID, yang terdiri dari perusahaan swasta Nigeria dalam membantu pemerintah menangani warga Nigeria yang terdampak covid-19

3 dari 5 halaman

Kesimpulan

Akun Facebook yang menjanjikan bantuan dari pengusaha asal Nigeria Aliko Dangote adalah tidak benar. Faktanya Dangote tidak pernah memberikan bantuan atau hadiah melalui Facebook.

4 dari 5 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini