Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Donald Trump Tak Mau Lengser

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati video yang mengklaim Presiden Amerika Serikat Donald Trump tidak mau lengser jabatannya.

Video yang mengklaim Donald Trump tidak mau lengser dari jabatannya diunggah akun Facebook Rozzi Setiawan, pada 13 November 2020.

Video yang diunggah Video tersebut menampilkan sosok yang identik dengan Donald Trump yang sedang duduk di balik mejanya didorong oleh empat orang ke luar ruangan, kemudian Donald Trump yang masih duduk di kursinya diangkut ke dalam mobil boks.

Pada video terdapat tulisan "Ogah Lengser".

Benarkah video Donald Trump tidak mau lengser dari jabatannya? Simak Penelusuruan Cek Fakta Liputan6.com.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump tidak mau lengser dari jabatannya, dengan menggunakan Google Image dan Yandex. Namun, tidak ada artikel yang identik dengan klaim.

Penelusuran dilanjutkan menggunakan Google Search dengan kata kunci 'President Gets Evicted From The White House'.

Penelusuran mengarah pada akun YouTube Comedy Central dengan video berjudul "The President Gets Evicted From The White House - The President Show" yang dimuat, pada 24 Oktober 2018.

Video tersebut identik dengan klaim video Donald Trump klaim video Donald Trump tidak mau lengser dari jabatannya.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim video Donald Trump diusuir dari Gedung Putih

 

Video menampilkan Donald Trump menampilkan sosok identik dengan Donald Trump yang sedang berbicara di balik mejanya, kemudian ada empat orang mendorong orang tersebut bserta meja dan kursinya hingga keluar, sosok yang identik dengan Donald Trump tersebut kemudian dimasukkan ke dalam mobil boks.

Video tersebut merupakan tayangan parodi The President Show tentang Donald Trump yang diperankan Anthony Atamanuik.

Video tersebut sebelumnya telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com dalam artikel "Cek Fakta: Tidak Benar Dalam Video Ini Donald Trump Diusir dari Gedung Putih". Namun, dengan klaim Donald Trump diusir dari Gedung Putih. 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, klaim video Donald Trump tidak mau lengser tidak benar.

Video tersebut merupakan parodi yang meniru sosok Donald Trump dalam tayangan Comedy Central. Klaim video Donald Trump diusuir dari Gedung Putih masuk dalam kategori satire.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.