Sukses

Mitos Kesehatan Sepekan: Vaksin Covid-19 Ubah DNA Manusia hingga Khasiat Daun Sisik Naga

Liputan6.com, Jakarta - Banjir hoaks terus bermunculan di media sosial salah, tidak terkecuali hoaks dan mitos kesehatan yang dapat memengaruhi masyarakat.

Satu di antaranya klaim tentang vaksin Covid-19 dapat mengubah DNA manusia yang disebarkan akun Facebook atas nama Lilis Sulastri berupa video yang dilengkapi narasi sebagai berikut:

"VAKSIN COVID-19 Spesialis Penyakit Dalam Berbagi Kekhawatiran Tentang Vaksin COVID-19 Dr. Carrie Madej, DO adalah Spesialis Penyakit Dalam di McDonough, GA dan memiliki lebih dari 19 tahun pengalaman di bidang medis. Dia lulus dari Kansas City Univ Of Medicine Bioscience College Of Osteopathic Medicine sekolah kedokteran pada tahun 2001 Perlombaan yang sedang berlangsung untuk mendapatkan vaksin virus corona telah menimbulkan beberapa kekhawatiran terkait kemanjuran dan keamanan penggunaannya.

Satu perhatian khusus yang dikhawatirkan oleh para profesional medis adalah bagaimana vaksin berpotensi mengubah DNA manusia. Spesialis penyakit dalam Dr. Carrie Madej, yang mempelajari vaksin selama sekitar 20 tahun dan terlatih dalam pengobatan osteopati, menjelaskan potensi kerusakan yang dapat ditimbulkan oleh vaksin Covid-19 dalam sebuah video yang dia posting secara online.

Sepanjang pandemi, susunan genetik SARS-CoV-2 telah bermutasi, membuatnya lebih rumit bagi para ilmuwan untuk mengembangkan vaksin yang berfungsi.

Dr. Madej berbicara tentang bagaimana pergantian kecil dalam genom manusia menghasilkan penulisan ulang kode genetik atau DNA. Perubahan DNA dapat membantu meningkatkan kesehatan atau merusaknya. Karena vaksin akan mengandung kode genetik sintetis dari virus corona, tidak seperti vaksin tradisional.

Dr Madej menekankan fakta bahwa vaksin DNA yang sedang dikembangkan belum pernah digunakan pada manusia sebelum uji coba baru-baru ini Selain itu, bahaya lain dari vaksin potensial adalah bagaimana Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) telah memberikan beberapa perusahaan penunjukan Jalur Cepat, yang memungkinkan pengembang untuk melewati beberapa langkah penting dalam pengembangan vaksin. Beberapa telah 'melompati uji coba hewan [dan] langsung ke uji coba manusia

"Kami tidak tahu apakah, sungguh, itu akan berhasil dalam populasi" katanya, sambil menunjukkan bahwa perusahaan telah mengatakan tidak cukup waktu untuk melakukan studi semacam itu. Madej memperingatkan, vaksin rekombinan mungkin menyertakan banyak kode genetik asing, yang dapat mengakibatkan perubahan permanen pada DNA seseorang."

Namun setelah ditelusuri, vaksin berfungsi untuk memperkuat sistem ketebalan tubuh sehingga tubuh manusia dapat mengenali virus yang berusaha menginfeksi manusia. Tidak ada kandungan dalam vaksin yang mampu berintegrasi dan mengubah DNA manusia secara genetik.

Selain klaim vaksin covid-19 bisa mengubah DNA manusia, terdapat beberapa mitos kesehatan serupa yang telah dirangkum Cek Fakta Liputan6.com. Berikut rangkumannya:

 

2 dari 5 halaman

Klaim Khasiat Daun Adam Hawa

Klaim tentang daun tanaman adam hawa dapat menyembuhkan berbagai penyakit beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Yuni Herma Wati pada 29 September 2020.

Akun Facebook Yuni Herma Wati mengunggah narasi berisi klaim daun dari tanaman adam hawa bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Berikut narasinya:

"Saya nemu ini di fb,,ada yg tauh kebenaran berita ini 🙏🙏🙏 Baru tauh klo ini nmnya ADAM HAWA,,😍😍 11 Manfaat Daun Adam Hawa untuk Kesehatan dan Manfaat Lain

Daun Adam Hawa Anda mungkin tidak tahu nama tanaman ini, tetapi jika Anda telah melihat bentuknya, Anda pasti pernah melihatnya sebelumnya.

Tanaman Adam hawa sering menjadi salah satu tanaman hias yang menghiasi rumah atau kantor.Tanpa banyak yang diketahui, manfaat tanaman Adam-Hawa bagi kesehatan sangat berlimpah.

Anda mungkin tidak pernah berpikir bahwa tanaman ini bermanfaat bagi kesehatan Anda, tetapi pada kenyataannya, tanaman adam hawa mengandung berbagai zat yang dibutuhkan tubuh untuk mengatasi berbagai penyakit dan mencegah tubuh terhindar dari berbagai penyakit.

Daun Adam Hawa

tanaman adam hawa adalah tanaman asli dari daratan Amerika Tengah.Tumbuhan ini memiliki bentuk seperti tanaman lidah mertua. Memiliki warna hijau gelap di daun atas dan ungu di daun bawah. Mengolah tanaman ini cukup mudah karena pertumbuhannya juga mudah. Tanaman Hawa memiliki beragam manfaat kesehatan bagi tubuh.

Daftar Isi :

Manfaat Daun Adam Hawa

Menangkal Radikal Bebas

Mengobati Penyakit Bronkitis

Menyembuhkan Batuk Berdarah

Menyembuhkan Disentri

Obat Diare

Mengobati Anemia

Mengatasi Nyeri Sendi

Mencegah Tumor

Menghentikan Pendarahan Luka

Sumber Antioksidan

Membantu Membersihkan Paru-paru

Manfaat Daun Adam Hawa

Menangkal Radikal Bebas

Tanaman adam hawa juga dapat menangkal radikal bebas berkat kandungan antioksidan yang tinggi, radikal bebas sangat berbahaya bagi tubuh manusia karena dapat menimbulkan penyakit berbahaya seperti kanker.

Mengobati Penyakit Bronkitis

Bagi Anda yang menderita bronkitis, Anda dapat mencoba perawatan tanaman adam hawa. Tanaman Hawa Adam memiliki khasiat yang membantu menyembuhkan bronkitis. Air rebusan tanaman adam hawa digunakan untuk mengobati bronkitis. Minumlah air rebusan adam hawa secara teratur agar bronkitis Anda dapat segera disembuhkan.

Menyembuhkan Batuk Berdarah

Batuk berdarah sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh. Kita harus bertindak cepat dan intens untuk menyembuhkannya. Cara alami untuk mengobati batuk berdarah adalah dengan menggunakan tanaman Adam hawa. Dipercayai bahwa kandungan tanaman Adam hawa membantu batuk berdarah saat Anda minum air rebusan dari daun tanaman Adam hawa, sehingga batuk berdarah Anda segera mereda.

Menyembuhkan Disentri

Penyakit pencernaan ini sangat berbahaya bagi kesehatan Anda. Karena disentri, perut bisa terasa sangat menyakitkan dan menyebabkan diare berdarah. Salah satu perawatan yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan tanaman Adam hawa. Tanaman Adam hawa memiliki khasiat yang membantu dalam mengatasi disentri.

Obat Diare

Efek dari tanaman adam hawa tidak hanya mengobati disentri tetapi juga diare. Diyakini bahwa kadar zat dalam daun Adam hawa mengurangi intensitas buang air besar dan menyembuhkan diare Anda. Cukup minum air rebusan secara teratur dari daun Adam Air sampai diare Anda sembuh total.

Mengobati Anemia

Manfaat berikutnya dari tanaman adam hawa adalah membantu mengobati anemia, anemia atau kekurangan darah membuat tubuh terasa lemas dan Anda terganggu di tempat kerja. Anda tidak perlu khawatir, tanaman Adam hawa dapat menjadi solusi untuk mengatasi anemia secara alami, tanpa mengonsumsi suplemen dan darah buatan.

Mengatasi Nyeri Sendi

Bagi Anda yang sering menderita nyeri sendi atau rheumatoid arthritis, air rebusan tanaman adam hawa dapat menjadi salah satu solusi penyembuhan. Anda dapat menggunakan keefektifan tanaman Adam hawa ini dengan penggunaan tanaman adam hawa yang dipanaskan dan kemudian ditempelkan pada bagian-bagian tubuh yang mengalami nyeri sendi atau rematik. Tunggu sakit sendi atau rematik di tubuh Anda untuk mereda dan menghilang.

Mencegah Tumor

Tumor adalah penyakit berbahaya bagi kesehatan tubuh, sehingga Anda dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang efektif untuk mencegah penyakit ini. Salah satu langkah pencegahan alami yang dapat Anda lakukan adalah menggunakan tanaman adam hawa. Tanaman adam hawa memiliki zat yang dipercaya dapat mencegah pertumbuhan tumor dalam tubuh.

Menghentikan Pendarahan Luka

Luka yang menyebabkan perdarahan bisa diobati dengan tanaman adam hawa. Jika sulit untuk menemukan obat untuk luka berdarah, tanaman adam hawa mungkin menjadi alternatif untuk menghentikan pendarahan luar karena luka. Anda dapat menggunakan tanaman adam hawa sebagai luka pendarahan dengan menumbuk daun adam hawa dan kemudian menyebarkannya di atas luka berdarah.

Sumber Antioksidan

Tanaman adam hawa tidak hanya mampu mengobati dan mencegah berbagai penyakit, tetapi juga sumber antioksidan penting bagi tubuh. Manfaat antioksidan bagi tubuh sangat besar, termasuk kemampuan meningkatkan daya tahan tubuh sehingga tidak mudah sakit.

Penggunaan sumber antioksidan alami jauh lebih besar daripada manfaat antioksidan dari suplemen makanan atau obat-obatan, dan tentu saja, risiko minimal terhadap kesehatan tubuh.

Membantu Membersihkan Paru-paruDaun adam hawa dalam pengobatan cina dimanfaatkan untuk membersihkan paru-paru. Konsumsilah daun adam hawa untuk campuran masakan agar lebih lezat.

Demikianlah pembahasan tentang daun adam hawa semoga dapat bermanfaat untuk anda," tulis akun Facebook Yuni Herma Wati.

Setelah ditelusuri, klaim tentang daun tanaman adam hawa dapat menyembuhkan berbagai penyakit ternyata belum terbukti.

Ketua Umum Pergizi Pangan, Prof Dr Hardinsyah menyebut bahwa tidak ada bukti ilmiah yang mendukung klaim daun adam hawa bisa menyembuhkan berbagai penyakit.

 

3 dari 5 halaman

Tata Cara Keluarkan Semut dari Telinga

Sebuah gambar berisi narasi tata cara mengeluarkan semut dari telinga beredar di media sosial. Gambar tersebut beredar lewat pesan berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Berikut narasinya:

"Apa bilah kemasukan semut di telinga jangan panik, dan di apa2kan pergilah ketempat gelap beri cahaya terang di sekitar telinga maka semut tersebut akan keluar dengan sendirinya mengikuti cahaya terang tersebut insyahallah.

Berbagi dalam kebaikan walau sekecil apapun dan sudah banyak yg tau tapi tidak mengurangi nilai pahala baik kita "wallahu a'alam bish shawabi," demikian isi dari pesan tersebut.

Setelah ditelusuri, tata cara mengeluarkan semut dari telinga hanya dengan menyinari telinga ternyata belum terbukti. Dokter spesialis THT menyarankan agar pasien menggunakan air hangat untuk mengeluarkan semut dari dalam telinga.

 

4 dari 5 halaman

Klaim Khasiat Daun Sisik Naga

Klaim tentang daun sisik naga dapat menyembuhkan berbagai penyakit mulai dari kanker payudara hingga reumatik beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Alsaka Syamm pada 26 September 2020.

Akun Facebook Alsaka Syamm mengunggah narasi berisi tata cara meracik ramuan dari daun sisik naga untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

"MANFAAT SISIK NAGA./PITIH- PITIH,/ KOIN KOIN

1. Obat kanker payudara, direbus dan minum

2. Obat bisul, ditumbuk di tempelkan pada bisul

3. Menurunkan demam, rebus minum

4. Membersihkan lendir paru paru

5. Obat gatal, dicampur kunyit, tumis pakek minyak kelapa pakek ditempat sakit

6. Membersihkan paru

7. Sisik naga bisa untuk abat batuk(tb) diperas ambil airnya campur gula putih sedikit dan garam dapur,insya allah dengan pertolongannya

8. Obat batuk paru Radang gusi, dikunyah

10. TBC kulit dengan pembesaran kelenjar getah bening,

11. Sakit kuning,

12. Gondongan,

13. Disentri,

14. Batuk,

15. abses paru-paru,

16. TB paru yang disertai dengan batuk berdarah,

17. Kencing nanah,

18. Rematik,

19. perdarahan seperti mimisan, berak berdarah, muntah darah atau perdarahan pada perempuan;

20. Reumatik," tulis akun Facebook Alsaka Syamm.

Konten yang disebarkan akun Facebook Alsaka Syamm telah 13 ribu kali dibagikan dan mendapat 550 komentar warganet. 

 

(Indah Suci Safitri)

5 dari 5 halaman

Simak video pilihan berikut ini: