Sukses

Cek Fakta: Hoaks Donald Trump Meninggal Dunia karena Virus Corona Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Media sosial, Twitter dihebohkan dengan kicauan yang menyebut Presiden Amerika Serikat, Donald Trump sudah tutup usia. Disebutkan dia meninggal karena virus corona covid-19.

Adalah akun Twitter atas nama Fox Newes yang membuat kabar Donald Trump meninggal dunia di usia 74 tahun. Begini narasi yang dia buat.

"Due To COVID-19, President Donald Trump Passes Away at 74."

Bila diartikan ke dalam Bahasa Indonesia menjadi:

"Karena covid-19, Presiden Donald Trump meninggal dunia pada usia 74".

Lalu, benarkah Donald Trump, Presiden Ke-45 Amerika Serikat, sudah meninggal dunia akibat covid-19?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kebenaran informasi tersebut dengan mensin pencari Google. Hasil penelusuran mengarahkan ke situs PolitiFact dengan judul artikel: "No, Donald Trump didn’t die from COVID-19". Artikel itu dipublikasikan pada 12 Oktober 2020.

Dalam artikel tersebut, hoaks Donald Trump meninggal dunia sudah berada di media sosial pada 10 Oktober lalu. Donald Trump sendiri sudah meninggalkan Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, pada 5 Oktober 2020. Sebelumnya, dia memang terinfeksi covid-19.

Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular, menyebut Donald Trump tidak menderita sakit yang parah akibat covid-19.

Donald Trump juga dijadwalkan bakal berorasi di baai kota pada 15 Oktober 2020. Orasinya ini bakal disiarkan langsung oleh stasiun televisi.

Selain itu, Cek Fakta Liputan6.com juga menelusuri Twitter resmi Donald Trump yang sudah terverifikasi. Pada Minggu (18/10/2020), Donald Trump sangat aktif di media sosial.

Salah satu kicauannya di Twitter yakni membahas soal kampanye pemilihan umum Presiden AS antara Donald Trump yang mewakili Partai Republik melawan Joe Biden dari Partai Demokrat. Berikut ini kicauan Twitter Donald Trump, yang seolah menandakan dia tidak meninggal karena covid-19.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Informasi yang menyebut Donald Trump meninggal dunia karena covid-19 adalah hoaks. Faktanya, dia masih aktif di media sosial Twitter.

Donald Trump juga sudah dinyatakan pulih dari covid-19 usai meninggalkan Pusat Medis Militer Nasional Walter Reed, pada 5 Oktober 2020.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.