Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Sampul Koran Tempo Berjudul "Kalau Pemerintah Bilang Mirip Rambo"

Liputan6.com, Jakarta - Sebuah gambar yang diklaim sebagai sampul Koran Tempo beredar di media sosial. Gambar tersebut memuat karikatur Presiden Jokowi berkacamata dan berbaju hitam sambil memegang jarum suntik.

Gambar tersebut disebarkan oleh akun Facebook Dian Kurnia pada 16 Oktober 2020. Tertulis KORAN TEMPO di atas gambar tersebut. Terdapat juga sebuah narasi dalam gambar karikatur Presiden Jokowi itu.

"Kalau Pemerintah bilang mirip RAMBO Ya mirip RAMBO

#MosiTidakPercaya".

"TEMPO KURANG AJAR INI..," tulis akun Facebook Dian Kurnia.

Konten yang disebarkan akun Facebook Dian Kurnia telah 14 kali dibagikan dan mendapar 30 komentar warganet.

 

 

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri gambar sampul Koran Tempo dengan narasi "Kalau pemerintah bilang mirip RAMBO Ya mirip RAMBO".

Penelusuran dilakukan dengan membuka akun Twitter resmi milik Koran Tempo, @korantempo. Terdapat gambar serupa yang dimuat akun Twitter @korantempo.

Gambar Tangkapan Layar Unggahan dari Akun Twitter @korantempo

Gambar karikatur tersebut merupakan sampul Koran Tempo pada Kamis 1 Oktober 2020 lalu. Berikut narasi dalam gambar sampul Koran Tempo tersebut:

"Belanja Vaksin, Siapkan Penyuntikan

Pemerintah menyediakan Rp 3,8 triliun hingga akhir tahun untuk berbelanja bakal vaksin dari sejumlah negara. Pembayaran harus dilakukan di muka demi bersaing dengan negara-negara lain. Skema distribusi dan penyuntikan untuk 180 juta penduduk masing-masing dua kali juga disiapkan. Tenaga kesehatan, tentara, polisi, dan masyarkat miskin akan mendapat giliran pertama".

"Pemerintah menyediakan Rp 3,8 triliun hingga akhir tahun untuk berbelanja bakal vaksin dari sejumlah negara. Pembayaran harus dilakukan di muka demi bersaing dengan negara-negara lain.

https://bit.ly/37dtEdz #KoranTempo," tulis akun Twitter @korantempo.

 

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Gambar karikatur Presiden Jokowi berkacama dan berbaju hitam sambil memegang jarum suntik memang dimuat oleh Koran Tempo pada 1 Oktober 2020. Namun narasi dalam gambar tersebut telah diedit dan tidak sesuai dengan yang sebenarnya.

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.