Sukses

Cek 6 Fakta Donald Trump Terpapar Virus Corona Covid-19: Melania Sempat Tampil Tak Biasa

Donald Trump mengumumkan dirinya positif virus corona covid-19 melalui akun Twitter pribadi pada Kamis (1/10/2020) atau Jumat siang WIB.

Liputan6.com, Washington DC - Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump dinyatakan terjangkit virus corona covid-19. Tidak hanya Donald Trump, sang istri, Melania juga terpapar wabah yang pertama kali ditemukan di Wuhan, China itu.

Donald Trump mengumumkan dirinya positif virus corona covid-19 melalui akun Twitter pribadi pada Kamis (1/10/2020) atau Jumat siang WIB.

"Saya dinyatakan positif covid-19. Kamia akan segera memulai proses karantina dan pemulihan. Kami akan melewati ini bersama," cuitnya.

Dengan kasus baru ini, AS menjadi negara yang paling banyak terpapar virus corona covid-19. Hingga Jumat (2/10/2020), tercatat sudah 7,31 juta kasus di Negeri Paman Sam, 208 ribu di antaranya meninggal dunia.

Cek Fakta Liputan6.com menemukan enam fakta menarik setelah Donald Trump dinyatakan positif virus corona covid-19. Fakta ini diambil dari berbagai sumber.

**Ingat #PesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Tertular dari Penasihat Utama

Sebelum dinyatakan positif covid-19, penasihan utama Donald Trump, Hope Hicks sudah terkonfirmasi lebih dahulu terpapar penyakit ini. Hicks mulai merasakan gejala ringan selama perjalanan pulang dengan pesawat dari rapat umum di Minnesota, AS pada Rabu malam, menurut seorang pejabat administrasi yang tidak mau disebut namanya. Hicks dikarantina jauh dari orang lain di pesawat dan diagnosisnya dikonfirmasi Kamis, kata orang itu.

"Ibu Negara dan saya sedang menunggu hasil tes kami. Sementara itu, kami akan memulai proses karantina kami," tulis Trump pada Kamis.

Hicks juga dikabarkan melakukan perjalanan bersama Trump ke debat presiden pertama di Cleveland pada Selasa. Dia adalah pejabat Gedung Putih terdekat dengan Trump yang dinyatakan positif terkena virus sejauh ini.

 

3 dari 8 halaman

2. Kondisi Donald Trump dan Melania

Dokter Presiden Sean Conley mengeluarkan memo kepada wartawan di mana dia mengatakan bahwa dia menerima konfirmasi dari tes positif pada Kamis malam seperti dilansir dari CAN, Jumat (2/10/2020).

"Presiden dan Ibu Negara baik-baik saja saat ini, dan mereka berencana untuk tetap di rumah di Gedung Putih selama pemulihan mereka," tulis Dr Conley.

"Tim medis Gedung Putih dan saya akan terus berjaga-jaga, dan saya menghargai dukungan yang diberikan oleh beberapa profesional dan institusi medis terbesar di negara kita," tambahnya.

Dia juga berharap agar Trump terus menjalankan tugasnya sebagai Presiden tanpa terganggu.

 

4 dari 8 halaman

3. Trending Topic di Twitter

Dua jam setelah mengumumkan dirinya terpapar virus corona covid-19, nama Donald Trump langsung menjadi trending topic di media sosial, Twitter. Tagar TrumpHasCovid pun memuncaki trending topic.

Berdasarkan keterangan di Twitter, total cuitan dengan tagar ini mencapai lebih dari 305.000 cuitan. Dari jumlah tersebut, reaksi warganet beragam menanggapi kabar Donald Trump positif Covid. Mulai dari menghujat hingga mendoakan.

Sampai saat ini, cuitan Trump soal dirinya positif covid-19 sudah di-Retweet sebanyak lebih dari 215 ribu kali, dikuote lebih dari 290 ribu kali, dan mendapatkan lebih dari 577 ribu likes.

 

 

5 dari 8 halaman

4. Penampilan Tidak Biasa dari Melania

Sebelum Donald Trump mengumumkan dirinya positif virus corona covid-19, Melania tampil tidak biasa saat mendampingi sang suami dalam debat perdana melawan kandidat calon presiden Partai Demokrat, Joe Biden. Melania memakai masker! Bahkan, Melania mengatakan, saat itu baik dirinya maupun suami dalam keadaan sehat.

Dalam debat tersebut, Melania terlihat memakai masker saat berjalan menuju kursi penonton yang disediakan. Dia juga tetap mengenakan masker saat menyimak kampanye bersama anak-anak sambungnya, seperti Ivanka Trump, Eric Trump, dan Tiffany Trump, yang memilih tak mengenakan penutup muka sama sekali.

Penampilan bermaskernya itu terbilang momen langka karena selama ini, ia jarang terlihat mengenakannya dalam banyak sesi foto.

 

6 dari 8 halaman

5. Mengabaikan Protokol Kesehatan

Sebelum terpapar virus corona covid-19, Donald Trump sangat mengabaikan protokol kesehatan. Bahkan, dia sempat tidak percaya dengan pandemi yang terjadi di seluruh dunia ini.

Dia jarang memakai masker dan kerap mengadakan kampanye tanpa social distancing. Donald Trump juga ogah lockdown karena khawatir mengganggu ekonomi dan menyebabkan pengangguran.

 

7 dari 8 halaman

6. Covid-19 di Gedung Putih

Sebelumnya, sekretaris pers Wakil Presiden Mike Pence Katie Miller dinyatakan positif pada bulan Mei 2020 dan telah pulih. Pada bulan yang sama, seorang anggota Angkatan Laut AS yang bertugas sebagai salah satu pelayan pribadi Trump dinyatakan positif terkena Virus Corona COVID-19.

Penasihat Keamanan Nasional Robert O'Brien, sejumlah agen Dinas Rahasia, pilot Marine One dan pekerja kafetaria Gedung Putih juga dinyatakan positif, lapor media AS. Terbaru, Hick asisten Donald Trump.

8 dari 8 halaman

Tentang Cek Fakta

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini