Sukses

Mitos Kesehatan Sepekan: Deteksi Kanker Testis hingga Minyak Kayu Putih Tangkal Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa kabar hoaks masih terus bermunculan di media sosial. Tak terkecuali hoaks dan mitos seputar kesehatan.

Satu di antaranya adalah mitos tentang alat tes kehamilan bisa digunakan untuk mendeteksi kanker testis. Klaim ini disebarkan akun Facebook Lulujazkhra pada 6 September 2020.

Akun Facebok Lulujazkhra mengunggah gambar alat tes kehamilan. Dalam gambar itu terdapat narasi sebagai berikut:

"Ketika pria mencoba pipis di alat tes kehamilan milik wanita dan hasilnya positif, maka kemungkinan besar pria tersebut memiliki kanker testis! silahkan dicoba gengs!"

"#fyi wah bahaya ini mah

https://www.instagram.com/p/CAyuflzHCz6/?igshid=15ep9wzog8w6d," tulis akun Facebook Lulujazkhra.

Namun setelah ditelusuri, klaim tentang kanker testis bisa dideteksi dengan menggunakan alat tes kehamilan ternyata tidak benar. Alat tes kehamilan tidak bisa digunakan untuk menentukan apakah seorang pria punya penyakit kanker testis.

Selain mitos tentang alat tes kehamilan bisa digunakan untuk mendeteksi kanker testis, ada beberapa hoakslain yang telah ditelusuri Cek Fakta Liputan6.com.

Berikut rangkumannya:

 

2 dari 4 halaman

Hoaks Minum Air Rebusan Serai, Jeruk, dan Teh Bisa Turunkan Berat Badan

Klaim mengonsumsi air rebusan batang serai, jeruk nipis, dan teh bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat beredar di media sosial. Klaim ini disebarkan akun Facebook Cara mengecilkan perut pada 7 Februari 2018 lalu.

Akun Facebook Cara mengecilkan perut mengunggah narasi berisi cara mengolah batang serai, jeruk, dan teh celup menjadi ramuan menurunkan berat badan.

"Buang terus baju XXXXL tu.!.saya mau share resep kurus dgn mudah dlm 1minggu ni..

3hari hilang 3kg

1minggu hilang 10kg

1bulan hilanh 20kg.!

Hanya minum2x sehari

Jngan terkejut perut mulai kempis..bhgian yg besar mulai kecil..lemak menjadi cair..!

Siapa mau resepi ni..

3 batang sere dipotong 4 bagian trus digeprek

2 butir jeruk nipis diiris bulat tipis spt pd gambar

1 kantong teh celup, bisa teh hitam/teh hijau.

5 gelas air

Semua bahan direbus. Air yang tadinya 5 gelas ,kira2sampai menjadi 2 gelas.Setelah dingin minum pagi dan malam.

Ingat: tidak pake gula!

Namanya jg pengin langsing.

Soal rasa? Ya kalo memang pengin langsing memang jangan ngributin soal rasa. Ibarat obat...mana ada yang enak," tulis akun Facebook Cara mengecilkan perut.

Setelah ditelusuri klaim mengonsumsi air rebusan batang serai, jeruk nipis, dan teh bisa menurunkan berat badan dalam waktu singkat ternyata tidak benar alias hoaks.

Ahli gizi dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Dr Ir Hardinsyah, MS menyebut tidak mungkin menurunkan berat badan 3 kilogram hanya dalam waktu 3 hari. Apalagi dengan mengonsumsi air rebusan batang serai, jeruk nipis, dan teh.

 

3 dari 4 halaman

Hoaks Gurah Minyak Kayu Putih Bisa Sembuhkan Covid-19

Beredar di media sosial Facebook dan aplikasi percakapan video cara mengobati dan mencegah covid-19. Video itu ramai dibagikan sejak tengah pekan ini.

Salah satu akun yang mengunggahnya di Facebook adalah akun Almuzzammil Yusuf. Dia mengunggahnya pada Kamis (10/9/2020).

Dalam postingan video tersebut disertai dengan narasi "Terapi Gurah "Covid" dengan Minyak Kayu Putih".

Video berdurasi 3 menit 41 detik itu menunjukkan cara mencegah dan mengobati covid-19. Caranya dengan mengoleskan kayu putih pada tisu lalu dimasukkan hidung.

Cara itu diklaim ampuh untuk mengeluarkan virus corona covid-19. Selain itu cara tersebut juga diklaim bisa mencegah virus corona covid- 19 asal dilakukan dua kali sehari waktu siang dan malam hari.

Klaim yang menyebut gurah minyak kayu putih bisa bisa menyembuhkan dan mencegah covid-19 adalah tidak benar. Belum ada uji klinis pada minyak kayu putih bisa menyembuhkan atau menangkal virus corona covid-19.

 

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut ini: