Sukses

Ada Infodemik Covid-19, Google Bikin Program Literasi Digital untuk Orang Lanjut Usia

Liputan6.com, Jakarta - Mediawise, program literasi digital yang didanai oleh Google mengubah fokusnya belakangan ini. Jika awalnya program ini menyasar remaja hingga anak muda, saat ini membidik orang lanjut usia.

Google menyebut salah satu alasannya adalah maraknya hoaks terkait covid-19. Mereka berharap program ini bisa membuat risiko orang lanjut usia terpapar misinformasi soal covid-19 menjadi kecil.

"Kami memutuskan untuk melakukan lompatan demografi yang sangat besar untuk program ini. Sangat penting untuk memberikan edukasi bagi orang usia lanjut," ujar Manajer Mediawise, Katy Byron dilansir nytimes.

"Kami melakukannya bukan karena adanya pemilu, namun karena adanya virus corona covid-19," katanya menambahkan.

Rencananya program Mediawise untuk orang lanjut usia ini akan diadakan secara online mulai 1 Oktober 2020 mendatang. Lulusannya diharapkan bisa mengetahui cara mencari fakta suatu berita dan membagikannya pada komunitas.

2 dari 2 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.