Sukses

Waspada Akun Palsu Baim Wong hingga Soimah Bagi-Bagi Hadiah di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah akun di media sosial kerap kali membagikan hadiah atau giveaway. Konten itu sering kali viral dan banyak mendapat komentar warganet. Namun, tidak semua unggahan tersebut asli. Sebagian di antaranya justru palsu.

Akun-akun tersebut biasanya mencatut nama artis papan atas. Akun palsu itu kemudian mengunggah foto uang, mobil, hingga telepon pintar keluaran terbaru. Tak jarang, mereka menyertakan narasi seakan-akan si artis yang dicatut tengah membagikan hadiah.

Satu di antaranya grup di Facebook yang mencatut nama Baim Wong, dengan nama BAIM WONG GIVEAWAY. Beberapa akun yang berinteraksi dalam grup tersebut, seakan-akan mereka menggelar giveaway dengan menyertakan syarat jika ingin mendapatkan hadiah.

Misalnya saja, warganet diminta mengisi kolom komentar dengan menuliskan huruf "P" sebanyak puluhan kali untuk mendapatkan hadiah uang.

Selain itu, beberapa akun lainnya di grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY meminta warganet untuk mengikuti akun Facebook tertentu agar bisa mendapatkan sejumlah uang.

Berikut narasinya:

#SISA WAKTU 1 JAM LAGIūüėć

Selamat Kalian Yang Sudah Dapat Uang Gratis nYa Tinggal 150 Orang Lagi...!!!

Syarat nya :

1. Spam "P" 30x = 10Juta

2. Spam "P" 50x = 60Juta

3. Spam "P" 100x = 200 Juta

‚ě°ÔłŹWAJIB IKUTI FB DONATUR INIūüĎáhttps://www.facebook.com/julie.sean.7127

‚¨ÜÔłŹWAJIB IKUTI FACEBOOK DI ATAS KALAU TIDAK MAKA DI NYATAKAN GUGUR!!

#DIMULAIDARISEKARANG

Namun setelah ditelusuri, grup tersebut ternyata hoaks. Baim Wong tidak pernah membagikan hadiah lewat grup Facebook apalagi dengan cara meminta warganet mengisi kolom komentar dengan huruf "P".

Grup Facebook BAIM WONG GIVEAWAY diduga merupakan modus penipuan dengan iming-iming berbagi hadiah dan mencatut nama Baim Wong.

Selain Baim Wong, ada beberapa akun lain yang terindikasi mencatut nama artis lainnya. Berikut rangkumannya:

 

2 dari 4 halaman

Inul Daratista

Tim Cek Fakta Liputan6.com menemukan akun Facebook mengatasnamakan Inul Daratista bernama Inul Da yang tengah membagikan hadiah pada Jumat 4 Agustus 2020.

Dalam unggahannya Facebook Inul Da memasang foto Inul Daratitsta. Akun itu juga menyertakan tata cara bagi warganet yang ingin mendapatkan hadiah.

Syaratnya peserta wajib untuk mengikuti dua akun lain di Facebook dan mengunduh aplikasi kemudian memasukkan kode yang tertera di halaman Facebook:

"Yang belum dapet hadiah

SPAM P 50X

Add Fb Saya (Y) https://www.facebook.com/good.gaming.714

Add Fb Saya (Y) https://www.facebook.com/sapar.zack.10

Ambil hadiah nya Di sinihttps://www.facebook.com/100009616088328/posts/2645224439141400/?app=fbl

WAJIB ADD FB DI ATASTIDAK ADD FB KAMI ANGGAP GUGUR," tulis akun Facebook Inul Da.

Konten yang disebarkan akun Facebook Inul Da telah 1 kali dibagikan dan mendapat 889 komentar warganet.

Klaim Inul Daratista membagi-bagikan hadiah lewat akun Facebook ternyata tidak benar alias hoaks. Inul tidak punya akun Facebook dan diduga bagi-bagi hadiah mencatut nama Inul merupakan modus penipuan.

 

3 dari 4 halaman

Soimah

Beredar di media sosial postingan yang mencatut nama penyanyi, Soimah. Dalam postingan, Soimah disebut membagikan hadiah atau giveaway senilai puluhan juta rupiah.

Salah satu yang mengunggahnya di Facebook adalah akun bernama Mamafadly Tuch Nurjanati. Dia mengunggahnya pada 29 Agustus 2020 lalu.

Dalam foto dalam postingan tersebut, terdapat narasi:

"Bismillah di pagi hari ini Kami mau bagi bagi rejeki! LANGSUNG CAIR BOSQUE Spam 10x = 10jt Spam 20x = 20jt Spam 30x = 30jt. Klik link untuk dapatkan hadiahnya https://linktr.ee/ soimah.give.away. Saya bagi-bagi uang tunai senilai 300jt Saya pilih yg paling banyak spam P. Buruan jangan sampe ketinggalan Give away selanjutnya!"

Setelah ditelusuri, unggahan yang menyebut Soimah bagi-bagi uang puluhan juta rupiah di Facebook dengan mengklik sebuah tautan adalah tidak benar alias hoaks.

Lewat akun Instagram resminya, Soimah menegaskan tidak pernah menggelar giveaway di Facebook. Ia pun mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan penipuan serupa yang mengatasnamakan dirinya.

 

4 dari 4 halaman

Simak video pilihan berikut ini: