Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Artis Soimah Bagi-bagi Uang Puluhan Juta Rupiah di Facebook

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial postingan yang mencatut nama penyanyi, Soimah. Dalam postingan, Soimah disebut membagikan hadiah atau giveaway senilai puluhan juta rupiah.

Salah satu yang mengunggahnya di Facebook adalah akun bernama Mamafadly Tuch Nurjanati. Dia mengunggahnya pada 29 Agustus 2020 lalu.

Dalam foto dalam postingan tersebut, terdapat narasi:

"Bismillah di pagi hari ini Kami mau bagi bagi rejeki! LANGSUNG CAIR BOSQUE Spam 10x = 10jt Spam 20x = 20jt Spam 30x = 30jt. Klik link untuk dapatkan hadiahnya https://linktr.ee/ soimah.give.away. Saya bagi-bagi uang tunai senilai 300jt Saya pilih yg paling banyak spam P. Buruan jangan sampe ketinggalan Give away selanjutnya!"

Lalu benarkah Soimah bagi-bagi hadiah melalui media sosial Facebook?

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran fakta

Cek Fakta menelusuri fakta dengan menulis kata kunci "soimah giveaway" di mesin pencarian Google.

Hasilnya artikel dari Liputan6.com berjudul "Soimah Kesal Nama dan Fotonya Dicatut Orang Tak Dikenal untuk Menipu" yang tayang 31 Agustus 2020. Berikut isinya:

"Liputan6.com, Jakarta - Kasus penipuan mengatasnamakan artis kembali terjadi. Kali ini giliran Soimah yang nama dan fotonya dicatut orang tak dikenal di media sosial.

Foto Soimah terpampang dalam sebuah unggahan Facebook oleh akun dengan nama Ridira. Dalam unggahannya, ia menuliskan bahwa Soimah sedang melakukan giveaway.

"Bismillah di pagi hari ini Kami mau bagi bagi rejeki ! LANGSUNG CAIR BOSQUE Spam 10x = 10jt Spam 20x = 20jt Spam 30x = 30jt. Klik link untuk dapatkan hadiahnya https://linktr.ee/soimah.give.away.," tulis akun tersebut.

"Saya bagi - bagi uang tunai senilai 300jt Saya pilih yg paling banyak spam P. Buruan jangan sampe ketinggalan Give away selanjutnya!" sambung akun tersebut.

Mengetahui hal itu, Soimah pun bereaksi. Soimah mengunggah tangkapan layar dari unggahan si penipu.

Dalam keterangannya, Soimah menyatakan tidak mengenal Ridira. Kalaupun ingin melakukan giveaway, Soimah pasti melakukannya di akun pribadinya sendiri.

"Ridira ki siapa ya, bawa sini tak pacule ndase, bawa2 nama dan foto saya bagi2 opo kuwi, pembohong, aku ratau bagi2 give2an, kalo mau pake akunku dewe," tulis Soimah pada Sabtu (29/8/2020).

Soimah juga mengimbau kepada masyarakat untuk tidak mudah percaya dengan penipuan serupa yang mengatasnamakan dirinya. Termasuk juga dengan usaha-usaha yang menjual nama Soimah.

"Jgn percaya sama orang yg meng atas namakan saya, entah itu usaha apapun, dari sabang sampe merauke semua usaha punya soimah, usaha inilah itulah, trs aku sik di uber2 pajak, bajinguk ik," tutupnya."

 

Selain itu ada artikel dari Kumparan.com berjudul "Soimah Berang Nama dan Fotonya Dijadikan untuk Give Away Abal-abal" yang tayang 1 September 2020. Berikut isinya:

"Soimah Pancawati atau biasa dipanggil Soimah baru-baru ini dibuat geram di media sosial. Usut punya usut, kekesalan perempuan kelahiran kabupaten Pati, Jawa Tengah, ini dipicu oleh ulah nakal oknum tak bertanggung jawab.

Rupanya oknum nakal tersebut mencatut foto Soimah dan namanya untuk giveaway abal-abal. Modus penipuan yang mencatut nama dan potretnya itu pun memancing kemarahan perempuan yang lahir pada 29 September 1980 tersebut.

Soimah pun tak tinggal diam. Ia langsung membagikan ulang tangkapan layar dari unggahan akun Facebook bernama Ridira. Dalam postingan, terdapat nama dan foto Soimah sehingga seolah-olah dialah yang mengadakan giveaway puluhan juta palsu tersebut dengan mensyaratkan harus meng-klik sebuah tautan.

Tak ingin ada korban yang tertipu dengan unggahan palsu tersebut, Soimah pun menunjukkan kekesalan dalam unggahannya. Berang, ia pun menuliskan ungkapan kemarahannya di keterangan unggahan dalam bahasa Jawa.

"Ridira ki siapa ya? Bawa sini tak pacule ndase (bawa sini kucangkul kepalanya), bawa-bawa nama dan foto saya bagi-bagi opo kuwi, pembohong. Aku ra tau bagi-bagi give-give-an, kalo mau pakai akunku dewe," tulis Soimah dengan penuh kekesalan.

Soimah juga mengingatkan pengikut akun Instagram-nya agar jangan mudah percaya dengan iklan giveaway yang menggunakan namanya. Hal ini lantaran ia tak mengunggah secara resmi di akun miliknya.

"Jangan percaya sama orang yang mengatasnamakan saya, entah itu usaha apa pun. Dari Sabang sampai Merauke semua usaha punya Soimah, usaha inilah-itulah. Terus aku sik diuber-uber pajak, bajinguk ik," pungkas Soimah.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Postingan yang menyebut Soimah bagi-bagi uang puluhan juta rupiah di Facebook dengan mengklik sebuah tautan adalah tidak benar.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.