Sukses

Waspada Hoaks Bagi-bagi Hadiah Mencatut Nama Pesohor

Liputan6.com, Jakarta - Informasi tentang bagi-bagi hadiah atau giveaway memang paling ditunggu-tunggu. Siapa yang tidak mau tiba-tiba dapat hadiah uang dan barang, apalagi dari pesohor atau artis kesayangan.

Namun, informasi bagi-bagi hadiah atau giveaway di media sosial tak semuanya benar. Banyak akun palsu berpura-pura membagi hadiah atau giveaway, mereka juga mencatut nama para pesohor.

Bagi anda yang menemukan informasi tentang giveaway ada baiknya berhati-hati. Tak jarang, akun palsu yang mencatut nama pesohor malah bermodus penipuan. Pura-pura memberikan hadiah tapi korbannya diminta mengirim uang.

Berikut akun-akun palsu yang mencatut nama pesohor dan menggelar give away palsu yang dirangkum Cek Fakta Liputan6.com:

 

2 dari 6 halaman

1. Jackie Chan Bagi-Bagi Uang Euro Selama Pandemi Virus Corona

Facebook dihebohkan dengan akun yang mencatut nama artis mancanegara, Jackie Chan. Akun Facebook Jackieee Channn Hong Kong tersebut mengunggah sebuah video yang menampilkan Jackie Chan sedang berbicara, sedangkan di sisi kanannya ada tumpukan uang euro dan mata uang Inggris, pound sterling. Sudah 1,7 juta orang menonton sebuah video tersebut.

Kesimpulannya

Kabar tentang Jackie Chan bagi-bagi uang euro kepada orang yang terdampak virus corona adalah hoaks. Faktanya, Jackie Chan hanya memberikan dukungan moral kepada seluruh warga dunia agar tetap kuat selama pandemi virus corona.

 

3 dari 6 halaman

2. Hoaks Baim Wong dan Dompet Dhuafa Bagikan Hadiah Uang, iPhone, serta Mobil

Beredar informasi artis sekaligus YouTuber Baim Wong memberikan hadiah uang, iPhone Max Pro dan mobil kepada 500 orang pemenang.

Informasi tersebut dibagikan dalam bentuk foto Baim Wong yang diberi tulisan "SEDEKAH TANDA SYUKUR BERBAGI REJEKI BERSAMA SICEPAT DOMPET DHUAFA". Foto tersebut diunggah akun Facebook Ba'im Wo'ng, pada 20 Juni 2020.

Kesimpulan

Kaim bahwa Baim Wong bekerja sama dengan Dompet Dhuafa dan Si Cepat untuk membagikan hadiah kepada 500 orang adalah salah.

Faktanya, bukan membagikan hadiah namun program kerja sama antara Baim Wong, SiCepat Ekspres dan Dompet Dhuafa adalah sedekah 2,5 persen untuk diberikan kepada anak-anak sekolah Literasi Indonesia dan Pondok Pesantren Wilayah Lombok dan Cilacap.

 

4 dari 6 halaman

3. Hoaks Petinju Filipina Manny Pacman Bagi-Bagi Hadiah Saat Pandemi Covid-19

Beredar kabar petinju asal Filipina, Manny Pacman membagikan hadiah untuk membantu masyarakat di tengah pandemi virus corona baru (Covid-19). Besaran dan jenis hadiah yang didapat disesuaikan dengan huruf nama awal peserta.

Kabar tersebut diunggah akun Facebook Manny Pacman Hobi, pada 10 Juni 2020. Dalam unggahannya akun tersebut juga menyertakan foto Emmanuel Dapidran Pacquiao alias Manny Pacquiao, juara dunia tinju profesional asal Filipina.

Kesimpulan

Pembagian hadiah ditengah pandemi Covid-19 oleh Manny Pacman tidak benar, unggahan tersebut merupakan modus penipuan.

 

5 dari 6 halaman

4. Hoaks Bagi-Bagi Hadiah dari Shopee

Kabar tentang Shopee yang membagikan hadian kepada para konsumennya beredar di media sosial. Kabar ini disebarkan oleh akun Facebook Rahmat Ramadhan pada 1 Februari 2020.

Akun Rahmat Ramadhan mengunggah gambar dari sejumlah orang yang tengah memegang sebuah hadiah. Ia juga menambahkan sebuah narasi yang mengaitkan bahwa Shopee tengah bagi-bagi hadiah.

Kesimpulan

Shopee tidak pernah memberikan bagi-bagi hadiah melalui akun facebook Rahmat Ramadhan.

Informasi ini sudah diluruskan oleh pihak Shopee. Sementara informasi yang disebarkan oleh akun facebook Rahmat Ramadhan tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

6 dari 6 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini: