Sukses

Cek Fakta: Tidak Tepat Kabar yang Sebut Adly Fairuz Cucu Wapres RI Ma'ruf Amin

Sempat ramai di media sosial kabar soal Adly Fairuz merupakan cucu dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kabar itu ramai dibagikan sejak akhir bulan lalu.

Liputan6.com, Jakarta - Sempat ramai di media sosial kabar soal Adly Fairuz merupakan cucu dari Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Kabar itu ramai dibagikan sejak akhir bulan lalu.

Salah satu akun yang memposting kabar itu adakah Dewi Ratih Yulianti. Dia mengunggahnya di Facebook, Selasa (1/9/2020).

Dalam foto yang diunggah terdapat narasi: "Usia berapa lo ketika tahu Adly Fairuz cucunya Maruf Amin???"

Selain itu akun tersebut juga menambahkan narasi "baru tahu sekarang." Sejauh ini postingan tersebut sudah mendapat 6 komentar dan empat kali dibagikan.

Lalu benarkah Adly Fairuz merupakan cucu Wakil Presiden Ma'ruf Amin?

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri fakta dan mendapat ada artikel dari Liputan6.com berjudul "Jubir Wapres: Adly Fairuz Bukan Cucu KH Ma'ruf Amin" yang tayang 1 September 2020. Berikut isinya:

"Liputan6.com, Jakarta - Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengatakan penyebutan Bakal Calon Wakil Bupati Karawang Adly Fairuz, sebagai cucu Ma'ruf Amin tidak tepat. Menurutnya keluarga Adly memang masih kerabat Ma'ruf, namun tidak ada hubungan langsung dengan silsilah keluarga.

"Masih ada hubungan famili, tapi tidak ada hubungan cucu. Jadi (sebutan) cucu itu tidak pas," jelas Masduki melalui pesan singkat, Selasa (1/9/2020).

Kendati demikian, Masduki mengatakan Ma'ruf mengaku tidak merasa dirugikan dengan adanya klaim tersebut. Dia pun mengaku tak keberatan Adly Fairuz menggunakan namanya untuk kepentingan politiknya.

"Pak Wapres bilang tidak merasa dirugikan, biar saja, tidak perlu (klarifikasi), dia (Wapres) bilang gitu. Wapres tidak mau membantah terhadap isu/klaim yang sedang marak di sana karena pilkada," kata Masduki.

Dia juga mengatakan, pihak keluarga sudah dihubungi terkait pelabelan nama ini. Mereka mengonfirmasi jika keduanya ternyata sekampung dari Kresek.

"Pihak keluarga Abah (Wapres) tidak mempermasalahkan isu-isu yang berkembang itu, jadi Pak Wapres merasa tidak perlu mengklarifikasi dan terkait pencalonannya di pilkada, ya semoga semuanya lancar," Masduki menandasi.

Sebelumnya DPP PDIP mengusung Adly Fairuz dalam Pilkada Karawang 2020. Adly akan menemani Yessy Karya Lianti yang disiapkan sebagai bakal calon bupati.

"Fisik, mental kita jaga sambil jalan, bismillah. Syariatnya doa dan usaha," kata Adly di Kantor DPW PDIP Jabar, Bandung, hari Jumat, 28 Agustus 2020."

Selain itu ada artikel dari cnnindonesia.com berjudul "Ma'ruf Amin Klarifikasi Status Cucu Adly Fairuz" yang tayang 1 September 2020. Berikut isinya:

"Jakarta, CNN Indonesia -- Juru Bicara Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Masduki Baidlowi memberikan klarifikasi perihal isu bakal calon wakil bupati Karawang yang diusung PDIP, Ahmad Adly Fairuz berstatus sebagai cucu Ma'ruf.

Masduki menyatakan Adly hanya sekadar memiliki hubungan keluarga dari Ma'ruf. Namun, Adly tak memiliki status hubungan langsung sebagai cucu Ma'ruf Amin.

"Kalau dikatakan cucu itu tidak pas. Ya masih ada hubungan famili, tapi tidak ada hubungan cucu," kata Masduki ketika dihubungi wartawan, Selasa (1/9).

Lebih lanjut, Masduki menjelaskan bahwa keluarga Adly dan Ma'ruf sama-sama tinggal dan berasal dari kampung yang sama yakni di Kecamatan Kresek, Kabupaten Tangerang.

Masduki bercerita bahwa pihak Ma'ruf Amin memaklumi klaim tersebut karena Adly sedang mencalonkan dirinya sebagai bakal calon bupati Karawang.

Masduki menyatakan Ma'ruf pun merasa tidak perlu mengklarifikasi hak tersebut karena tak merasa dirugikan dengan klaim tersebut.

"Pihak keluarga Ma'ruf juga tidak mempermasalahkan isu-isu yang berkembang itu. Jadi ya Pak Wapres merasa tidak perlu mengklarifikasi," kata Masduki.

Diketahui, PDIP sendiri telah mengusung Adly itu sebagai bakal calon wakil bupati untuk menemani Yessy Karya Lianti yang diplot sebagai bakal calon bupati Karawang.

Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyatakan bahwa alasan partainya mengusung Adly bukan karena statusnya sebagau cucu dari Ma'ruf.

Menurutnya, Adly adalah sosok anak muda yang tidak boleh kehilangan hak politik untuk dicalonkan menjadi kepala daerah hanya karena berlatar belakang cucu dari Ma'ruf."

3 dari 4 halaman

Kesimpulan:

Kabar yang menyebut Adly Fairuz merupakan cucu Wapres RI, Ma'ruf Amin adalah tidak tepat. Adly Fairuz hanya punya hubungan famili dengan Ma'ruf Amin.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini