Sukses

Cek Fakta: Klarifikasi PLN Pemasangan Penutup Meteran Listrik Dikenakan Biaya Rp 400 Ribu

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim biaya pemasangan tutup kotak meteran listrik PLN sebesar Rp 400 ribu

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto bukti pembayaran pemasangan tutup kotak meteran listrik PLN sebesar Rp 400 ribu.

Foto bukti pembayaran pemasangan tutup kotak meteran listrik PLN tersebut menyebar secara berantai di aplikasi percakapan WhatsApp.

Dalam foto tersebut tertera keterangan sebagai berikut:

"KWITANSI PEMASANGAN TUTUP PENGAMAN BOX KWH METERAN LISTRIK PLN

Diterima Dari : Konsumen ListrikBanyak : Empat Ratus Ribu RUpiahPembayaran : Pemasangan Box Pengaman KWh Meteran"

Benarkah ada program pemasangan tutup kotak meteran listrik PLN dikenakan biaya sebesar Rp 400 ribu? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim biaya pemasangan tutup kotak meteran listrik PLN sebesar Rp 400 ribu, dengan meminta konfirmasi ke pihak PLN.

Senior Manager General Affairs PLN Unit Induk Distribusi Jakarta Raya Emir Muhaimin menjelaskan, PLN tidak punya program penggantian atau pemasangan penutup kotak KWh meter atau meteran listrik, seperti yang tertera pada foto bukti pembayaran tersebut.

"Jadi itu di luar PLN," kata Emir saat berbincang dengan Liputan6.com.

Emir pun memastikan, pihak yang memungut biaya pemasangan tutup meteran listrik telah melakukan penipuan mengatasnamakan PLN.

"Dipastikan ini penipuan dan tidak ada hubungannya dengan PLN," tuturnya.

Jika ada pihak yang mengatasnamakan PLN, dia mengimbau masyarakat untuk memastikan seluruh transaksi pembayaran PLN melalui Payment Point Online Bank (PPOB) sebab tidak ada transaksi tunai ditempat.

"Petugas PLN dilengkapi surat tugas, ID pegawai, pakaian seragam," tambahnya.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com, pemasangan tutup kotak meteran listrik PLN dikenakan biaya sebesar Rp 400 ribu bukan program dari PLN.

PLN memastikan program tersebut merupakan penipuan yang mencatut nama PLN.

 

 

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.