Sukses

Cek Fakta: Tidak Benar Foto Megawati Menggendong Jokowi

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati menggendong Jokowi

Liputan6.com, Jakarta- Cek Fakta Liputan6.com mendapati foto Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri menggendong Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Foto tersebut diunggah akun Facebook You Siy Ung, pada 23 Agustus 2020. Foto yang diunggah berupa sosok wanita dengan wajah megawati sedang menggendong seorang lelaki yang bertubuh lebih kecil dengan wajah Jokowi.

Dalam foto yang diunggah, Megawati menggendong Jokowi dibagian belakang. Namun akun Facebook You Siy Ung tidak memberikan keteragan atas unggahannya.

Benarkah foto Megawati menggendong Jokowi? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati menggendong Jokowi, dengan menjadikan foto pada klaim sebagai bahan penelusuran menggunkan Yandex.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati menggendong Jokowi

 

Penelusuran mengarah pada artikel berjudul "Photo Dump Vol. 59This and more photos with which I regret having lost them" yang dimuat situs vice.com, pada 19 Maret 2019.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati menggendong Jokowi

Dalam artikel tersebut terdapat foto yang identik dengan foto klaim. Namun, tedapat perbedaan pada wajah lelaki dan perempuan di foto tersebut.

 

Penelusuran juga mengarah pada situs pinterest.cl.

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri klaim foto Megawati menggendong Jokowi

 Situs tersebut memuat foto yang identik dengan klaim, tetapi juga terdapat perbedaan wajah pada sosok lelaki dan perempuannya.

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Hasil penelusuran Cek Fakta Liputan6.com klaim foto Megawati menggendong Jokowi tidak benar. Foto tersebut merupakan hasil editan.

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini