Sukses

Daftar Tokoh dan Artis yang Diisukan Terkena Virus Corona Covid-19

Sejumlah tokoh dan publik figur dari berbagai negara dilaporkan terinfeksi Covid-19. Namun sebagian lagi, hanya kabar bohong.

Liputan6.com, Jakarta - Virus corona Covid-19 membuat geger dunia pada sejak kemunculannya di Wuhan, China. Sejak ditemukan pada akhir 2019 lalu, Covid-19 dilaporkan cepat menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Sejumlah tokoh dan publik figur dari berbagai negara juga dilaporkan terinfeksi virus ini. Namun, ada juga kabar bohong atau hoaks tentang beberapa tokoh terkena Covid-19.

Satu di antaranya adalah Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Mantan Kapolri ini pernah dikabarkan terinfeksi Covid-19. Namun, kabar tersebut hanya isapan jempol semata.

Ketika itu Tito Karnavian bersama istri dikabarkan terkena virus corona yang dimuat oleh situs beritamedia.id berjudul "Mendagri Tito Karnavian ke RSUP Persahabatan, Terjangkit Corona?".

Namun, kabar tersebut langsung dibantah oleh Staf Khusus Mendagri, Kastorius Sianaga melalui siaran pers Sabtu, 14 Maret 2020). Kastorius menegaskan, jika Tito mengunjungi RS Persahabatan untuk menjenguk Kepala Pelaporan dan Analisis Transaksi Keungan (PPATK) Kiagus Badaruddin yang meninggal dunia, bukan positif terinfeksi Covid-19.

Selain Tito, ada sejumlah tokoh dan publik figur lain yang dikabarkan terinfeksi Covid-19. Tetapi setelah ditelusuri, ternyata tidak benar. Berikut daftarnya yang dirangkum Cek Fakta Liputan6.com:

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Suharso Monoarfa

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa dikabarkan terpapar virus corona Covid-19.

Kabar itu mencuat setelah sejumlah foto Monoarfa sedang diperiksa, beredar di media-media sosial maupun pesan berantai WhatsApp, Minggu 15 Maret 2020.

Menanggapi kabar tersebut, Sekretaris Jendral PPP Arsul Sani menginformasikan Suharso memang benar telah diperiksa tim dokter terkait Covid-19.

Namun, kata Asrul, hal itu dilakukan umum kepada seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju Jokowi – Maruf Amin.

 "Bahwa Pak Suharso diperiksa tes corona oleh tim dokter itu betul, sebagaimana juga para anggota kabinet lainnya yang juga diperiksa oleh tim yang sama atas perintah presiden," kata Asrul, Minggu 15 Maret 2020.

 

3 dari 5 halaman

Jackie Chan

Aktor laga Jackie Chan dirumorkan terjangkit virus corona hingga menjalani karantina mandiri, setelah beredar video yang menampilkan Jackie Chan sedang berpesta bersama petugas kepolisian Hong Kong bahwa salah satu kepolisian yang hadir terkena virus corona.

Melalui akun instagramnya Jackie Chan mengunggah foto disertai tulisan yang memastikan ia dalam dalam keadaan sehat "Pertama, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengatakan 'terima kasih' atas perhatian semua orang. Aku sangat sehat dan aman dan belum dikarantina. Aku telah menerima banyak pesan dari teman-teman yang menanyakan apakah aku baik-baik saja. Cinta dan perhatianmu sangat mengharukan." Tulisnya dikutip dari Dailymail.com, Selasa 3 Maret 2020.

 

4 dari 5 halaman

Daniel Radcliffe

Akun palsu Twitter yang mengatasnamakan BBC dengan ID @BBCNewsTonight men-tweet bahwa pemain film Harry Poter tersebut mengidap virus corona, Selasa (10/3/2020). Kicauan tersebut pun menghebohkan para pengguna Twitter.

Daniel pun memberikan pernyataan melalui Instagram Story bahwa dirinya baik-baik saja bahkan menuliskan untuk tak memercayai informasi yang beredar di Twitter. “Don’t believe Twitter, Daniel is doing fine” tulisnya di Instagram Story pada Rabu (11/3/2020). 

 

5 dari 5 halaman

Tom Hanks

Kabar aktor pemain Forest Gump, Tom Hanks meninggal dunia karena virus corona sempat membuat geger dunia hiburan pada Jumat 13 Maret 2020. Sebelumnya, Tom Hanks dinyatakan positif virus corona, Rabu 11 Maret 2020.

Kabar tersebut segera dibantah oleh pihak Tom Hanks seperti dimuat dari Mediamass, Sabtu 14 Maret 2020.

“Dia bergabung dalam daftar panjang selebriti yang menjadi korban tipuan. Dia masih hidup dan sehat, berhentilah percaya pada apa yang anda lihat di internet.”

 

(Indah Suci Safitri)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.