Sukses

Cek Fakta: Judul Menyesatkan Digunakan dalam Kabar Viral soal Jokowi Dilarikan ke RS

Liputan6.com, Jakarta - Berita tentang Joko Widodo yang dilarikan ke rumah sakit karena mengalami penyakit paru-paru beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan situs minews.id dengan judul artikel "Kabar Duka, Jokowi Dilarikan ke RS karena Sakit Paru-paru" pada 17 Mei 2020.

Berikut isinya:

MATA INDONESIA, JAKARTA – Joko Widodo (Jokowi), warga Desa Celep, Sragen terpaksa dilarikan ke RSUD dr Soehadi Prijonegoro pada Sabtu 16 Mei 2020.

Jokowi mengalami masalah paru-paru, yang sudah diidapnya selama setahun terakhir. Sebelumnya, ia hanya bisa terbaring lemah di rumahnya tanpa pengobatan akibat kondisi ekonomi yang mencekik.

Selama ini, Jokowi juga tidak mendapat bantuan fasilitas kesehatan dari pemda setempat. Akhirnya, bapak dua anak itu hanya bisa menahan sakitnya di rumah.

“Ini tadi baru kami antar pakai ambulans PDS ke RSUD Sragen. Sakitnya paru-paru, kondisinya memprihatinkan karena sudah setahun sakit dan kelihatannya belum ada perhatian dari pemerintah. Tadi tahunya dia sambat sudah nggak kuat dan minta dibawa ke RSUD,” kata Suyadi, salah satu tetangganya.

Pria yang namanya persis seperti Presiden Joko Widodo itu diangkut dengan ambulans PDS. Sutarwo (45) tetangganya asal Dukuh Tanjung, mengatakan bahwa kondisi kehidupan Jokowi memang termasuk tidak mampu.

Sang istri hanya bekerja buruh bungkus roti dan sakit-sakitan serta masih membiayai dua anaknya.

“Alih-alih membiayai pengobatan suaminya, untuk makan mereka terkadang diberi oleh tetangganya. Mudah-mudahan segera ada perhatian pemerintah,” ujarnya.

 

2 dari 4 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang Joko Widodo atau Jokowi yang dilarikan ke rumah sakit. Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "Jokowi dilarikan ke rumah sakit". Hasilnya terdapat beberapa artikel serupa.

Namun, yang dimaksud Jokowi dalam beberapa artikel itu bukan Presiden RI. Melainkan Jokowi warga Desa Celep, Sragen, Jawa Tengah. Sedangkan Presiden RI, Jokowi saat ini menetap di Istana Bogor, Jawa Barat bukan Sragen.

Liputan6.com juga mendapatkan agenda Presiden Jokowi pada Rabu (20/5/2020). Dalam agenda tersebut, Presiden Jokowi dijadwalkan melantik Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang baru di Istana Negara, Jakarta.

Selain itu, Jokowi juga dijadwalkan meresmikan peluncuran Produk Riset, Teknologi dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan Covid-19 di Istana Merdeka, Jakarta.

 

3 dari 4 halaman

Kesimpulan

Jokowi yang dilarikan ke rumah sakit karena penyakit paru-paru ternyata bukan Jokowi yang kini menjabat sebagai Presiden RI. Jokowi yang dimaksud adalah warga Desa Celep, Sragen, Jawa Tengah.

Kabar yang beredar viral menggunakan judul yang menyesatkan (false headline).

4 dari 4 halaman

Tentang Cek Fakta Liputan6.com

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.