Sukses

Cek Fakta: Hoaks Video Polisi Australia Tangkap Perempuan China karena Meludahi Sayuran

Viral video yang mengklaim Polisi menangkap seorang perempuan positif COVID-19 karena meludahi sayuran di pasar swalayan Australia, simak faktanya.

Liputan6.com, Jakarta- Viral video yang mengklaim seorang perempuan positif virus Corona baru (COVID-19) meludahi sayuran di pasar swalayan Australia, kemudian perempuan tersebut diborgol Polisi.

Video tersebut diunggah akun Facebook Ammy Husen Smith, pada akhir Maret 2020. Dalam video memperlihatkan seorang polisi menangkap seorang perempuan yang mengenakan masker dan membawa kantung berwarna hijau, dengan latar belakang kasir pusat perbelanjaan.

Video tersebut diberik keterangan sebagi berikut:

"Polisi Australia memborgol seorang perempuan Cina yg sengaja meludahi sayuran di Supermarket untuk menyebar Corona Virus,sedangkan dia sdh positive tertular Virus Corona"

Benarkah seorang perempuan yang ditangkap Polisi dalam video tersebut telah meludahi sayuran di pasar swalayan Australia? Simak penelusuran Cek Fakta Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Cek Fakta menelusurui klaim tersebut, dengan menangkap layar video untuk dijadikan bahan pencarian Yandex. Dari penelusuran menunjukkan beberapa foto yang identik dengan tangkapan layar video klaim, salah satunya mengarah pada artikel berjudul "Sydney police called in to help control crowds of shoppers at supermarkets" yang dimuat situs 7news.com.au, pada 20 Maret 2020.

Situs tersebut menyatakan, video tersebut tentang Polisi di Sydney yang sedang mengendalikan kerumunan pembeli di supermarket dan melakukan perlawanan, selama krisis yang disebabkan virus corona baru.

Seorang wanita ditangkap setelah membuat onar di pasar swalayan Woolworths, Gordon, utara Sydney dan berdebat dengan seorang petugas polisi.

Dalam video yang diperoleh 7NEWS, seorang polisi terdengar menyuruh wanita itu untuk "mengeluarkan tangan" dan "Anda menolak penangkapan" saat ia menarik tas belanjaannya.

Penelusuran juga mengarah pada artikel berjudul "Panic-buying shopper is arrested for 'refusing to leave Woolworths after starting a fight with a worker' - as cop shouts at her to 'stop resisting'" yang dimuat situs dailymail.co.uk, pada 24 Maret 2020.

Situs dailymail.co.uk menyatakan, kepanikan pembeli terjadi di supermarket Woolworths, pembeli tersebut menolak meninggalkan Woolworths setelah memulai pertengkaran dengan seorang pekerja.

Polisi dalam video berteriak berhenti melawan ke seorang wanita yang mengenakan masker, kemudian telah ditangkap di luar area pasar swalayan.

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Klaim video polisi menangkap perempuan positif COVID-19 karena meludahi sayuran tidak benar. Polisi menangkap perempuan tersebut karena telah membuat onar di pasar swalayan Woolworths, bagian dari aksi kepanikan berbelanja akibat COVID-19

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.