Sukses

[Cek Fakta] Viral Video Wanita Berbikini di Tengah Banjir, Ini Faktanya

Liputan6.com, Jakarta - Video tentang wanita yang mengenakan bikini saat banjir, viral di media sosial. Video ini diunggah oleh akun Facebook Lengloy Mayada pada 1 Januari 2020.

Video berdurasi 15 detik itu memperlihatkan seorang wanita yang tengah memakai bikini dan berjoget di tengah genangan air berwarna coklat. 

Video ini kemudian dikaitkan dengan banjir yang melanda Jakarta pada 1 Januari 2020 lalu. Terdapat sebuah kalimat dalam video tersebut.

"Jatinegara belum surut banjirnya," demikian narasi dalam video tersebut.

Konten yang diunggah Lengloy Mayada telah 34 kali dibagikan dan telah ditonton 4.300 kali oleh warganet.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri kabar tentang wanita berbikini saat banjir di Jatinegara pada 1 Janunari 2020 ternyata tidak benar.

Video tersebut ternyata bukan suasana banjir pada 1 Januari 2020. Video tersebut pernah diunggah oleh akun YouTube VNNcoid pada 19 Februari 2018 silam.

Akun YouTube VNNcoid menuliskan sebuah narasi dalam konten yang diunggahnya itu.

"Mana Tahan. Bikini Kolam Renang Lebay. Akibat Banjir Jakarta," tulis akun YouTube VNNcoid.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Belum diketahui secara pasti di mana lokasi video tersebut diambil dan kapan kejadiannya. Namun yang pasti, video tersebut bukan diambil saat kejadian banjir 1 Januari 2020.

Sebab, video tersebut sudah pernah diunggah pada 19 Februari 2018. Narasi yang disampaikan akun facebook Lengloy Mayada tidak sesuai dengan fakta sebenarnya.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pasca Banjir Jakarta, Perlengkapan Bayi dan Sekolah Anak Sangat Dibutuhkan
Artikel Selanjutnya
[Cek Fakta] Mengonsumsi Daun Pakis Berbahaya karena Memicu Kanker? Ini Faktanya