Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar untuk Palestina

Liputan6.com, Jakarta - Kabar tentang pemain sepak bola asal Portugal, Cristiano Ronaldo yang menyumbangkan 1,5 juta dollar Amerika Serikat (setara Rp 21,7 miliar) untuk Palestina, viral di media sosial.

Kabar beredar dan dimuat situs maklumatnews.com dengan judul artikel "Demi Palestina, Cristiano Ronaldo Sumbang Rp 21,7 Miliar".

MAKLUMATEWS.com –– Bintang sepak bola Portugal, Cristiano Ronaldo telah menyumbangkan US$ 1,5 juta (setara Rp 21,7 miliar) kepada Palestina dalam upaya untuk meringankan penderitaan orang-orang di Jalur Gaza yang diblokade.

Dia mengalokasikan dana untuk Palestina selama bulan suci Ramadan, demikian seperti dilansir Press TV Iran, Selasa, 21Mei 2019, yang dikutip MAKLUMATNEWS.com dari Liputan6.com.

Pemain sepak bola itu, dalam beberapa kesempatan, mengecam kekejaman Israel terhadap Palestina.

Kembali pada tahun 2012, Ronaldo telah melelang Golden Boots-nya, penghargaan bergengsi yang diberikan kepada striker terbaik Eropa sepanjang musim, untuk mengumpulkan dana yang kemudian disumbangkan untuk anak-anak Palestina.

Tahun berikutnya, pada Maret 2013, di akhir pertandingan antara Portugal dan Israel untuk kualifikasi Piala Dunia 2014, Ronaldo menolak untuk bertukar bajunya dengan pemain Israel.

Sebuah keluarga Palestina berbuka puasa di sebelah rumah mereka yang hancur selama eskalasi dua hari, di Rafah, Jalur Gaza selatan , 8 Mei 2019. Jalur Gaza Palestina telah berada di bawah blokade darat, udara dan laut Israel sejak Juni 2007.

Blokade telah menyebabkan penurunan standar hidup serta tingkat pengangguran yang belum pernah terjadi sebelumnya dan kemiskinan yang tak henti-hentinya.

Palestina telah mengadakan aksi unjuk rasa mingguan di sepanjang perbatasan Gaza untuk memprotes pengepungan di daerah kantong itu dan menuntut hak bagi para pengungsi untuk kembali ke rumah mereka yang mereka tinggalkan selama penciptaan Israel tahun 1948.

Lebih dari 270 warga Palestina telah tewas dalam serangan oleh pasukan Israel sejak demonstrasi anti-pendudukan dimulai di Jalur Gaza pada 30 Maret 2018. Lebih dari 16.000 warga Palestina juga mengalami cedera.

 

2 dari 3 halaman

Penelusuran Fakta

Setelah ditelusuri, kabar tentang Cristiano Ronaldo yang menyumbang Rp 21,7 miliar untuk Palestina ternyata tidak benar.

Informasi ini dikutip dari situs Liputan6.com dengan judul artikel "Kabar Ronaldo Beri Donasi untuk Palestina Saat Ramadan Ternyata Hoaks".

Liputan6.com, Jakarta - Kabar mengenai pesepakbola kondang Cristiano Ronaldo memberikan donasi untuk Palestina saat bulan suci Ramadan 2019 adalah hoaks. Hal itu dikabarkan sebuah situs pemeriksa fakta dengan mengklarifikasi kepada sumber yang dekat dengan sang atlet.

Bulan lalu, bertepatan pada periode Ramadan, sebuah pemberitaan yang dilansir beberapa outlet media internasional mengabarkan bahwa Cristiano Ronaldo menyumbang US$ 1,5 juta untuk Jalur Gaza Palestina.

Namun, berdasarkan penelusuran Maarten Schenk dari situs pemeriksa fakta Leadstories.com, yang dikutip pada Jumat (21/6/2019), informasi tentang donasi yang diberikan Ronaldo kepada Palestina dipastikan palsu.

Schenk mengklarifikasi informasi itu kepada firma agensi yang menangani Cristiano Ronaldo, dengan seorang sumber yang dekat memastikan bahwa "kabar tersebut palsu."

Awalnya, kisah hoaks seputar Cristiano Ronaldo itu beredar melalui sebuah artikel yang diterbitkan pada 16 Mei 2019 oleh 9SportPro berjudul: "Ronaldo surprised with his gesture, donates €1.5 million to feed Palestinians for iftar."

Jika diterjemahkan, judul itu berarti: "Mengejutkan, Ronaldo menyumbangkan 1,5 juta Euro untuk memberi makan orang Palestina untuk berbuka puasa."

9SportPro mengutip sumber dari 'infoshqipmedia', sebuah situs berbahasa Albania dari Makedonia. Situs itu menerima informasi "dari sejumlah sumber media asing" namun tidak mengutip asal-muasalnya secara jelas.

Mengutip Leadstories.com, artikel itu kemudian "viral melalui berbagai unggahan di media sosial ... di-RT oleh akun Twitter sebuah yayasan amal 'mencurigakan' yang mengklaim dari Nigeria, hingga kemudian disari menjadi bahan berita oleh situs berita Telesur (Venezuela) dan RT (Rusia), serta berbagai outlet media lain."

"Cristiano Ronaldo Donates $1.5M to Palestine for Ramadan" judul yang dipasang Telesur pada 16 Mei 2019.

Sementara RT, pada 17 Mei 2019, memasang judul, "Cristiano Ronaldo donates $1.5 million to help feed starving people on the Gaza Strip - reports."

Akan tetapi, "semua outlet media itu tidak mengonfirmasi langsung kepada firma manajemen Ronaldo, Gestifute," jelas Leadstories.com.

Gestifute merupakan firma agensi atlet olahraga yang didirikan oleh Jorge Mendes dan berbasis di Porto, Portugal.

"Kami (Leadstories.com) melakukan konfirmasi kepada mereka (Gestifute), yang memastikan bahwa narasumber yang dekat dengan sang atlet (Ronaldo) sangat menjamin bahwa informasi itu palsu, 'seperti banyak kisah (palsu) lain tentang Ronaldo'," tulis Maarten Schenk dari situs pemeriksa fakta Leadstories.com, dikutip pada 21 Juni 2019.

Baik Telesur dan RT juga telah memuat berita klarifikasi dengan merujuk pada laporan Leadstories.com.

"Reports of Cristiano Ronaldo donating $1.5mn to starving people in Gaza denied," judul yang dipasang RT untuk berita klarifikasinya pada 23 Mei 2019.

Sementara Telesur memasang judul berita "Correction: May 20, 2019" yang berisi klarifikasi mereka atas kekeliruan informasi tersebut.

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Tidak benar bahwa Cristiano Ronaldo menyumbang uang Rp 21,7 miliar untuk Palestina.

Kabar ini dibantah oleh Leadstories.com yang menelusuri kabar tersebut.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama puluhan media massa lainnya di seluruh dunia. 

Cek Fakta Liputan6.com juga adalah mitra Facebook untuk memberantas hoaks, fake news, atau disinformasi yang beredar di platform media sosial itu. 

Kami juga bekerja sama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi yang tersebar di masyarakat.

Jika Anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Loading
Artikel Selanjutnya
Fans Minta Tolong Ronaldo agar Juventus Pecat Maurizio Sarri
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Depresi dan Kecemasan Bisa Menular?