Sukses

[Cek Fakta] Hoaks Xiaomi Bagikan 100 Smartphone di Akhir Tahun

Liputan6.com, Jakarta - Jelang akhir tahun, biasanya diramaikan dengan diskon berbagai barang dan jasa. Misalnya saja smartphone.

Salah satu produsen smartphone, Xiaomi dikabarkan akan membagikan 100 unit handphone untuk akhir tahun 2018. Kabar ini pun viral di facebook.

Seperti yang diunggah oleh akun grup Officiall xiaomi Indonesia. Akun ini mengunggah foto tumpukan kardus Xiaomi Note 5A.

"Give away event tahun baru Untuk para pengguna hp xiaomi kami dari pihak xiaomi akan membagikan 100 HP xiaomi kepada pemenang give away akhir tahun 2018," tulis Officiall xiaomi Indonesia.

Kemudian, akun ini juga menuliskan syarat-syarat yang wajib diikuti untuk mendapatkan smartphone Xiaomi.

Syarat² untuk mengikuti give away. 1. Like halaman ini. 2. Like poatingan ini. 3.  bagikan postingan ini ke 3 group lainya. 4. pilih warna hp yang ingin di dapatkan. 5. pilih angka mulai dari 1-10000. Pemenang akan diacak melalui Random.com jika tidak memenuhi syarat maka otomatis tidak akan bisa mengikuti give away. Kuis di tutup tanggal 25 Desember 2018.

Konten yang diunggah sejak Jumat 7 Desember 2018 ini telah dibagikan sebanyak 29 kali dan mendapat 13 komentar dari warganet.

 

 

2 dari 3 halaman

Fakta

Kabar mengenai bagi-bagi smartphone tersebut ternyata dibantah Xiaomi Indonesia. Hal ini sebagaimana diberitakan Liputan6.com dengan artikel berjudul 'Xiaomi Tepis Kabar Bagi-Bagi Smartphone di Akhir Tahun'.

Dalam artikel itu, Xiaomi Indonesia menyatakan bahwa pihaknya tidak memiliki program bagi-bagi smartphone di akhir tahun ini.

Xiaomi Indonesia juga menegaskan bahwa akun facebook yang mengunggah kabar tersebut, bukan akun resmi milik Xiaomi Indonesia.

"Akun itu bukan resmi dari Xiaomi, kami tidak pernah mengadakan program tersebut," tutur pernyataan resmi dari Xiaomi Indonesia kepada Tekno Liputan6.com saat dihubungi via telepon, Jumat (14/12/2018).

 

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Kabar mengenai Xiaomi yang akan membagi-bagikan smartphone ternyata tidak benar. Akun yang menyebarkan kabar tersebut juga bukan akun resmi dari Xiaomi.

Xiaomi Indonesia telah meluruskan kabar tersebut dan menyatakan tidak ada program bagi-bagi smartphone pada akhir tahun ini.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

Israel Bombardir Pasukan Iran di Suriah

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Xiaomi Tepis Kabar Bagi-Bagi Smartphone di Akhir Tahun
Artikel Selanjutnya
Pimpin Perusahaan 11 Tahun, Jerry Shen Mundur dari CEO Asus