Sukses

HEADLINE HARI INI:PERPISAHAN WAPRES, MENGENANG EKSISTENSI JK DI PANGGUNG POLITIK NASIONAL

Akhir Desember, Xiaomi Bakal Kembali Rilis Smartphone Gaming?

Liputan6.com, Jakarta - Menjelang akhir tahun, Xiaomi ternyata masih belum berhenti untuk merilis smartphone terbaru. Informasi ini diketahui dari unggahan di media sosial Tiongkok, Weibo, beberapa waktu lalu.

Dikutip dari GSM Arena, Kamis (12/12/2018), smartphone ini disebut-sebut akan bernama Xiaomi Play. Kabarnya, smartphone ini akan diumumkan pada pekan depan.

Kehadiran smartphone ini tidak lepas dari bocoran informasi yang menyebut Xiaomi akan menggelar event antara 17 dan 26 Desember 2018. Menurut perkiraan, acara itu akan akan dilakukan pada 24 Desember.

Sayangnya, tidak banyak informasi yang dapat diungkap dari smartphone tersebut. Kendati demikian, menilik dari nama yang digunakan, perangkat ini jelas menyasar mobile gamer dan ditargetkan untuk konsumen muda.

Sejumlah pihak menyebut bahwa perangkat ini ditujukan sebagai lawan langsung dari Honor Play. Oleh sebab itu, besar kemungkinan smartphone ini akan dibanderol dengan harga sama.

Terlebih, Xiaomi sebenarnya sudah memiliki seri smartphone gaming sendiri lewat Black Shark. Sementara sumber lain menyebut bahwa smartphone ini merupakan rebranding Pocophone F1.

2 dari 3 halaman

Bos Xiaomi Ungkap Smartphone Kamera 48MP, Kapan Rilis?

Selain smartphone gaming, Xiaomi juga mengaku tengah mengembangkan teknologi kamera 'monster' untuk smartphone terbarunya.

Hal tersebut diungkap oleh co-founder sekaligus Presiden Xiaomi, Lin Bin, yang mengunggah smartphone beresolusi besar di media sosial Weibo.

Dia mengunggah cover belakang smartphone Xiaomi dengan label kamera 48MP dan menyatakan bakal dirilis pada Januari 2019. Bin mengaku telah menggunakan smartphone ini selama beberapa minggu.

“Dicoba selama beberapa minggu, tidak buruk! Dirilis pada bulan Januari,” kata Lin Bin sebagaimana dilansir Slashgear, Kamis (6/12/2018).

Pada posting-an tersebut juga terlihat lampu kilat LED ganda dan lensa kamera besar di atasnya. Panel belakangnya tampak terbuat dari kaca.

Sayang, tidak terlihat secara detail apakah smartphone Xiaomi tersebut mengusung kamera ganda atau tidak. Namun kemungkinan besar akan mengadopsi kamera lebih dari satu.

3 dari 3 halaman

Pakai Sensor Sony atau Samsung?

Xiaomi bukanlah satu-satunya vendor smartphone yang fokus pada kamera beresolusi monster. Sebelumnya, Nokia 808 PureView memiliki kamera dengan sensor 41MP dan Huawei Mate 20 Pro punya kamera 40MP (quad Bayer).

Sebagai informasi, saat ini cuma ada dua vendor teknologi yang memproduksi sensor semacam itu yaitu Sony dan Samsung.

Sony IMX586 adalah sensor 48MP yang diumumkan pada Juli 2018. Ini adalah sensor berukuran 1/2 inci yang memiliki banyak piksel, masing-masing hanya berukuran 0,8μm.

Sementara Samsung Bright GM1 mengusung sensor 48MP sejak Oktober, yang juga memiliki banyak piksel berukuran 0,8μm. Demikian seperti dikutip GSM Arena.

Jenis sensor ini menggunakan pixel binnnig untuk meningkatkan kualitas gambar, tetapi jumlah pikselnya yang besar juga bisa melakukan zoom digital berkualitas tinggi.

(Dam/Isk)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Unboxing Redmi Note 8, Smartphone Empat Kamera 48MP Rp 2 Jutaan
Artikel Selanjutnya
Boks Penjualan Xiaomi Mi Note 10 Bocor di Internet