Sukses

[Cek Fakta] Tank dan TNI Siap Amankan Reuni Alumni 212

Reuni Alumni 212 akan berlangsung di Monas pada Minggu, 2 Desember 2018 mendatang, benarkah disiapkan tank dan personel TNI?

Liputan6.com, Jakarta - Persaudaraan Alumni 212 akan menggelar Reuni Alumni 212 di Monas, Jakarta pusat pada Minggu, 2 Desember 2018. Sejumlah informasi terkait ajang tersebut ramai beredar di media sosial. 

Salah satunya diunggah akun Facebook bernama Rafa Razfa pada Kamis, 29 November 2018. Dalam unggahannya, ia menyisipkan rekaman video dan foto  tank milik TNI yang ada di kawasan Monas. Terlihat pula prajurit TNI yang berada di sana.

Ia juga menuliskan jika tank dan TNI tersebut disiagakan untuk menjaga aksi Reuni Alumni 212 di Monas.

"WOW.....

DI MONAS HADIR TANK LEOPARD....

SEBEGITU SIAGANYAKAH MENGHADAPI UMMAT ISLAM DI ACARA REUNI 212...??!"

Postingan tersebut sudah dibagikan sebanyak 2.747 kali dan mendapat tanda suka 354. Tak hanya itu, sudah ada sekitar 351 akun Facebook yang memberikan komentar terhadap postingan tersebut.

Beberapa di antaranya seperti dilontarkan oleh akun Facebook bernama Poetra Muhammad.

"Eeeebuseeet... tanggung amat...Sukhoi parkirin di situ sekalian...lebay amat pake tank...hadeuu.."

Namun, tak semua netizen berpendapat sama. Misalnya yang diutarakan akun Facebook bernama Sayyid Murtadho.

"Ini admin yang posting kerjaan nya ape aja? Kagak mungkin reuni 212 sampai tentara bawa tank leopard. Emang alumni bawa bom??? Share yang baik boleh, asal jangan HOAX apa lagi mencari popularitas.."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fakta

Tim Cek Fakta Liputan6.com mencoba menelusuri kebenaran dari kabar tersebut. Ternyata, rekaman video dan foto yang diunggah Rafa Razfa bukan bentuk pengamanan TNI sambut Reuni Alumni 212 melainkan saat Pameran Alutsista HUT ke-73 TNI pada September 2018 lalu.

Salah satu akun Facebook Berita Smart Netizen menuliskan, jika rekaman video dan foto yang diunggah Rafa Razfa diambil pada September 2018 lalu saat Pameran Alutsista HUT ke-73 TNI di Monas, Jakarta Pusat.

"HATI HATI PROVOKASI DAN ADU DOMBA

Saat ini beterbaran foto alutsista pameran HUT 73 TNI di monas pada bulan september lalu Dan saat saat ini di unggah lagi oleh sebagian orang ke group group FB dengan tujuan adu domba dan provokasi ..

Hoax dimana mana dan jadilah netizen yang cerdas dalam memilah dan memilih berita

Cc :Divisi Humas Polri

PoldaMetroJaya"

Selain itu, ia juga menuliskan jika rekaman video yang diunggah diambil saat Pameran Alutsista HUT ke-73 TNI di Monas. Hal itu terlihat dari unggahan akun Facebook bernama Antoz Uru.

Dia mengunggah rekaman video dan tulisan Pameran Alutsista pada 29 September 2018 lalu. Ia juga menuliskan keterangan pada unggahan rekaman videonya. "Pameran Alutsista TNI 2018 - Monas"

 

Selain itu, dilansir Liputan6.com, pengamanan Reuni Alumni 212 di Monas nanti tidak akan menggunakan senjata.

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, aparat kepolisian hanya menyiagakan jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan pasukan tempur.

Kabar tersebut ada di dalam artikel berjudul Amankan Aksi 212, TNI-Polri Kerahkan 2.000 Personel. Berikut berita selengkapnya:

"Sebanyak 2.000 personel TNI-Polri akan disiapkan untuk mengamankan aksi reuni akbar 212 yang rencananya akan berlangsung di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat, Minggu (2/12/2018).

"Bantuan kita standby kan 2.000 personel. Disebar, ini kan atas permintaan Polri (perbantuan personel)," kata Kapendam Kodam Jaya Kolonel Kristomei Sianturi saat apel 'Persiapan Natal 2018, Tahun Baru, Pileg juga Pilpres 2019, di Monas, Jakarta Pusat, Jumat (30/11/2018).

Sianturi menambahkan, pengamanan aksi 212 di Monas nanti tidak akan menggunakan senjata. Untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan, polisi menyiagakan jajaran Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan pasukan tempur.

"Tapi lebih mengedepankan pihak kepolisian. Kita hanya backup saja," ujarnya.

Dalam aksi itu, Kristomei yakin semua akan berjalan dengan aman dan lancar, sehingga, masyarakat tak perlu takut untuk melakukan aktivitas.

Sebelumnya, ribuan pasukan Brimob disiagakan untuk pengamanan aksi damai alumni 212 yang rencananya digelar di Monas, Jakarta Pusat. Setidaknya telah dipersiapkan 2.700 pasukan Brigade Mobile (Brimob) lengkap dengan kendaraan taktis yang akan diterjunkan, pada Minggu, 2 Desember 2018 nanti.

"Dalam operasi ini kita siapkan sekitar 2.700 personel. Apabila ada permintaan tambahan, kita akan berkoordinasi dengan polda lain sesuai kebutuhan," kata Wakil Komandan Korps Brimob, Brigjen Pol Abdul Rakhman usai memimpin apel pasukan, Rabu, 28 November 2018."

3 dari 3 halaman

Kesimpulan

Rekaman video dan foto tersebut memang benar ada. Namun, foto-foto lama itu digunakan dalam konteks yang salah. 

Karena, tank dan pengamanan TNI bukan dikerahkan untuk pengamanan Reuni Alumni 212, melainkan saat Pameran Alutsista HUT ke-73 TNI di Monas pada September 2018 lalu.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini