Sukses

[Cek Fakta] Bocoran Soal Tes Inteligensia Umum (TIU) CPNS 2018 Beredar di Media Sosial?

Beredar video dan tautan bocoran ujian CPNS 2018 di Facebook. Dalam video itu disebutkan contoh pertanyaan dalam tes SKD. Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Seleksi tahap pertama Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 atau CPNS 2018 baru saja usai. Tahapan itu meliputi seleksi Administrasi. Dari total 3,6 juta pelamar CPNS 2018, sebanyak 2.673.733 berhasil lolos.

Tahapan selanjutnya adalah tes Seleksi Kompetensi Dasar alias SKD. Seleksi itu akan dimulai serentak pada Jumat, 26 Oktober 2018 mendatang.

Tahapan tersebut dianggap krusial. Belakangan, di media sosial, terutama Facebook, beredar sejumlah bocoran soal ujian CPNS. Syahdan, unggahan itu pun mendadak viral.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Klaim

Dalam akun Facebook-nya, @cpnsnews2018, Info CPNS, mengunggah bocoran tes CPNS. Di unggahan itu tertulis, "Ternyata Soal TIU CPNS 2018 Telah Bocor, Ayo Pelajari."

Info CPNS juga menyertakan tautan bocoran tes tersebut, yakni https://icpns.org/ternyata-soal-tiu-cpns-2018-telah-bocor-…/. Di Facebook, bocoran tes itu diunggah pada Sabtu, 20 Oktober 2018, pukul 05.59 WIB.

Unggahan itu telah dibagikan sebanyak 11 kali. Di akun Youtube, juga beredar video yang diklaim sebagai soal ujian CPNS yang bocor.

Akun Awak Pulo Channel mengunggah video itu pada 18 Oktober 2018. Video tersebut telah ditonton sebanyak 1.271 kali.

3 dari 4 halaman

Fakta

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Syafruddin membantah soal CPNS 2018 bocor di Facebook.

"Itu bohong. Sudah, jangan dengar itu. Kita sudah MoU, itu sudah sangat ketat. Tidak mungkin bocoran muncul karena soalnya sendiri belum dibikin," kata Syafruddin, di Media Center KemenPAN RB, Jakarta, Senin, 22 Oktober 2018.

Seperti diberitakan Republika.co.id, Tribunnews.com dan Akurat.co, ia meminta masyarakat tidak khawatir terkait kabar bohong tersebut. Ia menjelaskan, pihaknya telah menjalin kerja sama dengan kepolisian untuk menjaga peredaran soal tes CPNS 2018.

Syafruddin mengatakan, jika dalam pelaksanaannya ditemukan kecurangan, pihak kepolisian akan melakukan tindakan. Termasuk, bila ditemukan ada pihak-pihak yang memperjualbelikan soal SKD kepada publik.

"Lihat saja nanti ditangkapin orang-orang itu," kata dia.

Syafruddin memastikan, seleksi CPNS 2018 akan berjalan secara transparan. Ia menambahkan, kerja sama Kementerian PAN-RB juga dilakukan dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) pada akhir September 2018.

MoU tersebut terkait Persiapan, Pelaksanaan, Pengamanan, dan Penegakan Hukum dalam rangka Seleksi CPNS 2018. Hal itu dilakukan sebagai bentuk komitmen pemerintah dalam mewujudkan seleksi CPNS tahun 2018 yang aman, transparan, dan bersih dari KKN.

"Sudah jalan operasinya, enggak usah khawatir," kata Syafruddin.

4 dari 4 halaman

Kesimpulan

Beredarnya video soal tes CPNS 2018 di Facebook dipastikan tidak benar alias bohong. Kepastian itu disampaikan langsung MenPAN RB Syafruddin. Tidak ditemukan bukti sahih soal klaim kebocoran tersebut.

Liputan6.com merupakan media terverifikasi Jaringan Periksa Fakta Internasional atau International Fact Checking Network (IFCN) bersama 49 media massa lainnya di seluruh dunia.

Kami juga bekerjasama dengan 21 media nasional dan lokal dalam cekfakta.com untuk memverifikasi berbagai informasi hoax yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoax yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silahkan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA Liputan6.com di email cekfakta.liputan6@kly.id.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini