Sukses

[Cek Fakta] Deretan Foto Palsu Tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba

Foto palsu tenggelamnya KM Sinar Bangun di Danau Toba beredar di media sosial.

Liputan6.com, Jakarta - Kapal motor (KM) Sinar Bangun tenggelam di Danau Toba, 18 Juni 2018. Kapal yang berangkat dari pelabuhan Simanindo, Kabupaten Samosir menuju Tigaras Parapat, Kabupaten Simalungun itu diduga tenggelam akibat cuaca buruk.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyatakan, tim Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) akan menyelidiki penyebab tenggelamnya KM Sinar Bangun. Selain itu, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Basarnas juga akan bertolak ke lokasi untuk memastikan kondisi para korban.

"KNKT akan mengklarifikasi apa sebabnya. Dari sebabnya, akan kita lakukan improvement. Hari ini saya tugaskan Dirjen Darat, Ketua KNKT, Basarnas, dan Dirut Jasa Marga ke sana untuk untuk memastikan korban yang hilang, lebih cepat ditemukan," kata Budi Karya di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta, 19 Juni 2018.

Klaim Foto Kejadian

Sejumlah foto yang diklaim sebagai penampakan KM Sinar Bangun ketika tenggelam, beredar di media sosial. Salah satu foto menunjukkan sebuah kapal berwarna biru yang dipenuhi banyak penumpang. Lalu, pada foto lain tampak kapal tersebut terbalik dan menumpahkan para penumpang ke perairan. 

Foto tersebut juga digunakan sejumlah blog yang memberitakan tenggelamnya KM SInar Bangun di Danau Toba. Salah satunya, Tribun Indonesia88 yang tayang pada 18 Juni 2018. 

 

Bantahan BNPB

Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyebut, rangkaian foto kapal tenggelam itu tidak terjadi di Danau Toba.

"Itu hoax. Foto itu tenggelamnya kapal imigran gelap," tulisnya dalam akun Twitter peribadinya @Sutopo_PN, 18 Juni 2018.

Bantahan Sutopo itu pun disukai oleh 608 warganet. Unggahan tersebut juga dikomentari hingga 43 kali dan di-retwitt sebanyak 1.200 kali oleh warganet.

Sementara itu, berdasarkan penelusuran Liputan6.com di mesin pencarian Google Reverse Image, foto serupa sudah pernah tayang di salah satu situs media online, 23 Januari 2017 silam. Kejadian kapal tenggelam yang terekam dalam foto disebutkan terjadi di Perairan Tanjung Rhu, Mersing, Johor Bahru, Malaysia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini