Sukses

Wasit Ahmad Suparman `Ditendang` dari ISL 2014

Wasit pertandingan Persipura kontra Persiba ini hanya memberikan kartu kuning saat Fakdawer pukul dada Fernando Soler.

Wasit Ahmad Suparman harus menanggung akibat dari keputusan-keputusan kontroversialnya di pertandingan Persipura kontra Persiba Balikpapan, Kamis (20/2/2014) di Stadion Mandala. PSSI melalui Komite Wasit berencana akan mencabut Suparman dari tugas memimpin laga-laga ISL musim ini.

Hal ini ditegaskan oleh Ketua Komite Wasit, Roberto Rouw. "Soal wasit Suparman, saya pikir hukuman degrasi pun sulit buat dia. Untuk sementara dia akan dicabut dari ISL," ujarnya kepada wartawan, Kamis (20/2/2014).

Di pertandingan penuh kontroversi itu, wasit Suparman hanya memberi kartu kuning atas aksi tidak sportif bek Persipura, Dominggus Fakdawer yang memukul dada striker Persiba, Fernando Soler. Kejadian terjadi ketika Soler terjatuh ke badan Fakdawer di sebuah momen perebutan bola di menit ke-87.

Tanpa disangka, Fakdawer bereaksi keras dengan memukul dada Soler. Soler pun sempat terkapar kesakitan. Kontroversi lainnya yaitu ketika Suparman memberikan penalti untuk Persipura. Padahal,  bola mengenai pinggul Arifki Eka Putra.

"Ya, saya nonton dan benar dia melakukan kesalahan. Padahal kemarin saya baru memberikan hukuman ke beberapa wasit. Itu seharusnya sebagai warning. Keputusan memukul fakdawer? ya seharusnya itu kartu merah. Kalau begitu, sejak awal sudah jelas indikasi dia tidak bisa memimpin dengan baik.  Kita akan meminta liga indonesia untuk mencabut dia dari ISL," tandasnya.

Sedangkan Wakil Ketua PSSI, La Nyalla Matalitti di akun twitternya menulis jika Suparman resmi dipecat. "Dengan ini saya beritahukan, wasit yang memimpin pertandingan Persipura lawan Persiba resmi dipecat!" kicaunya. (Def)

Baca Juga:
Viking Girls Ramaikan Laga Panas Persib-Persija
Polisi Tak Izinkan Persib Vs Persija Digelar di Jalak Harupat
Gagal Penalti, Ozil Adu Mulut dengan Flamini
Mantan Kekasih Neymar `Kencan` dengan Ronaldo
Jadwal Siaran Langsung Sepakbola Malam Ini

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.