Sukses

Ayo! Indonesia Bisa: Garuda Diminta Rileks Lawan Thailand

Jika mampu menang atas Thailand, maka Andik Vermansyah dan kawan-kawan menempel tuan rumah Myanmar yang telah mengemas enam poin.

Tim Nasional U-23 Indonesia dituntut menang melawan Thailand pada pertandingan Grup B SEA Games 2013 di Stadion Thuwunna, Yangon, Myanmar, Kamis (12/12/2013), demi mengamankan peluang lolos ke semifinal.

Jika mampu mengungguli Thailand, maka Andik Vermansyah dan kawan-kawan bakal menempel tuan rumah Myanmar yang telah mengemas enam poin dari dua pertandingan yang telah dijalani.

"Bermain lebih rileks adalah kunci untuk meraih hasil terbaik pada pertandingan nanti," kata Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan.

Perjalanan Garuda Muda di SEA Games 2013 memang cukup berat. Tuan rumah Myanmar yang sebelumnya kurang maksimal ternyata mampu mengejutkan semua kontestan di Grup B. Bahkan mampu unggul 3-0 atas Kamboja.

Kondisi berbeda justru dialami Indonesia. Meski mampu meraih tiga poin atas Kamboja, namun dalam produktivitas gol masih rendah karena hanya menang 1-0. Gol tersebut bahkan baru tercipta pada menit ke-52.

Begitu juga dengan Thailand. Salah satu raksasa Asia Tenggara itu juga meraih hasil sempurna setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor yang cukup meyakinkan 3-1. Kondisi jelas akan menjadi tantangan berat bagi Indonesia.

"Thailand diuntungkan dengan waktu istirahat yang cukup panjang. Mudah-mudahan kita tetap mendapatkan hasil yang terbaik," kata pria yang akrab dipanggil RD itu.

Mantan pelatih Arema Indonesia itu menjelaskan, calon lawan yang dihadapi anak asuhannya memang memiliki beberapa kelebihan terutama dalam menyerang. Beberapa pemain juga memiliki skill yang bagus.

"Thailand saat ini memang berbeda dibandingkan sebelumnya. Tapi kita sudah mengantisipasi. Yang penting semua pemain harus maksimal," kata mantan pelatih Sriwijaya FC itu.

Jika mampu mengalahkan Thailand langkah Indonesia ke babak berikutnya akan jauh lebih terbuka. Setelah menghadapi Tim Negeri Gajah Putih, Ramdani Lestaluhu dan kawan-kawan akan menghadapi Timor Leste dan tuan rumah Myanmar. Ayo! Indonesia Bisa (Ant/Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini