Sukses

Ajax vs Barca: Pasukan De Boer Bidik Posisi Dua

Ajax Amsterdam ingin memanfaatkan kondisi Barcelona yang sedang krisis pemain.

Ajax kembali menantang Barcelona. Kali ini, tim besutan Franck De Boer itu akan menjamu Barcelona di kandang mereka, Amsterdam ArenA, Rabu (27/11/2013) dini hari WIB. Ajax wajib memenangkan laga ini demi menjaga kans untuk berada di posisi dua alias tiket menuju fase knock out 16 besar.

Bisakah pasukan De Boer melakukannya? Melihat hasil di pertemuan pertama dimana Ajax kalah 0-4 dari Barcelona, peluang pasukan De Boer untuk melakukan itu cukup berat. Meski Barcelona sekarang sedang pincang karena beberapa pemain inti seperti Lionel Messi, Victor Valdes dan Adriano cedera, tapi Barcelona punya pemain pelapis.

De Boer akui sendiri soal ini. "Kami ingin merebut posisi dua. Tentu saja permainan Barcelona akan berbeda tanpa Messi. Dia cetak banyak gol dan menciptakan assist. Tapi Barcelona juga tak kehilangan banyak poin tanpa Messi. Mereka punya banyak pemain bagus, kami harus siap," tandas De Boer.

"Normalnya, Barcelona punya kualitas lebih bagus. Tapi tim terbaik tak selalu menang," tambahnya, seakan memberi peringatan.

Barcelona menghadapi laga ini tanpa beban, meski tentu tim sekelas El Barca tak akan membiarkan lawan leluasa dan merebut kemenangan. Direktur Sport Barcelona, Andoni Zubizaretta menegaskan timnya tak akan membiarkan Ajax merebut kemenangan.

"Kami datang ke Amsterdam dengan tujuan mempertahankan posisi puncak klasemen dan juga menjaga ritme bagus yang kami lalui sejauh ini. Target kami adalah memenangkan setiap laga. Kami siap tempur melawan tim historis seperti Ajax di stadion karismatik mereka. Ini laga menarik dan kami harus siap," tuturnya.

Pada laga ini, buruknya, Barcelona juga tak diperkuat oleh Alexis Sanchez yang sedang on fire. Alexis diganji sanksi larangan main karena sudah mengoleksi tiga kartu kuning. Dani Alves juga masih dirawat karena cedera.

Meski demikian, Gerardo Martino, pelatih Barcelona tetap ngotot timnya ingin merebut kemenangan. "Kami tak pernah memikirkan hasil lain selain kemenangan. Kami ingin terus menang dan sempurna," ujarnya.

Sampai laga nanti, Barcelona masih belum terkalahkan di segala ajang. Martino paham Ajax akan menjadi lawan yang sulit. "Mereka bagus dengan bola. Ini bakal menjadi duel yang sulit," tambahnya.

Skor tipis 1-0 untuk Barcelona kemungkinan terjadi. Hanya saja, Martino harus putar otak untuk mencari pemain belakang. Pemain Barcelona B Patrick dikabarkan sudah disiapkan. (Berbagai Sumber/Def)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.