Sukses

AVC Tawari Sumsel Tuan Rumah Kejuaran Asia Voli Pantai

Sumsel layak menjadi tuan rumah voli pantai ajang tingkat Asia karena terbukti sukses menyelenggarakan Kejuaraan Asia Pasifik.

Konfederasi Bola Voli Asia atau Asian Volleyball Confederation (AVB) menawari Sumatra Selatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Voli Pantai 2014 yang akan diikuti 50 negara. "Bertepatan dengan pelaksanaan Islamic Solidarity Games di Palembang, AVC juga menawari Sumatra Selatan menjadi tuan rumah Kejuaraan Asia Voli Pantai pada tahun depan," tutur Antonie, Sekretaris Jenderal AVC, dalam kegiatan pemantauan pelaksanaan Islamic Solidarity Games (ISG) di Palembang, Kamis (26/9/13).

Ia mengatakan, Sumsel layak menjadi tuan rumah ajang tingkat Asia karena terbukti sukses menyelenggarakan Kejuaraan Asia Pasifik pada 2010, 2012, dan 2013. "Peminat pada setiap tahunnya semakin bertambah, bahkan tim-tim terbaik di Asia seperti Iran tidak pernah absen pada setiap penyelenggaraan di Palembang, begitu pula dengan negara-negara lain seperti Australia, Selandia Baru," ujarnya.

Antonie menambahkan, arena voli pantai bertaraf internasional di Kompleks Olahraga Jakabaring kini tidak asing bagi atlet-atlet voli pantai di kawasan Asia. Sehingga tidak menutup kemungkinan pada masa mendatang menggelar kejuaraan dunia.

Hanya saja, untuk mencapai jenjang itu sebaiknya diawali dengan menggelar kejuaraan tingkat Asia. "Indonesia termasuk salah satu negara yang mengalami kemajuan pesat pada olahraga voli panta, dan hal ini dibuktikan dengan keberhasilan timnya menjuarai ajang Asian Beach Games 2012 lalu. Artinya, Indonesia tidak hanya sebatas penyelenggara tapi merupakan suatu tim yang cukup disegani saat ini di kawasan Asia," ujar Antonie.

Sumsel kerap menjadi tuan rumah berbagai kejuaraan internasional menyusul peran sebagai penyelenggaran perhelatan olahraga negara-negara Asia Tenggara SEA Games 2011 lalu. Pada 2013, Sumsel menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Ski Air dan penyelenggara Islamic Solidarity Games III, 22 September-1 Oktober 2013 yang diikuti 46 negara peserta.(Ant)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini