Sukses

Status Evan Dimas Ternyata Masih Pemain Amatir

"Keputusan pengesahan status Evan merupakan kewajiban LPIS. Jadi, PSSI tak berhak untuk mengesahkannya," ujar Joko Driyono

Sekertaris Jenderal PSSI Joko Driyono menyatakan bahwa PSSI tidak bisa mengesahkan status kapten Timnas U-19, Evan Dimas sebagai pemain profesional. Alasannya adalah saat ini pemuda berusia 18 tahun itu membela tim Persebaya 1927, klub yang tidak diakui oleh PSSI.

PSSI sudah memutuskan bahwa Persebaya yang asli adalah Persebaya yang berlaga di Divisi Utama dan baru saja promosi ke Indonesia Super Leagues (ISL) untuk musim depan.

Keputusan itu dibuat dalam Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI di Hotel Borobudur, 17 Maret lalu. PSSI pun menganggap Persebaya 1927 bukan anggota resmi PSSI.

Joko mengatakan bahwa status pemain yang baru saja membantu Indonesia meraih Piala AFF U-19 itu merupakan kewajiban dari Liga Prima Indonesia Sportindo (LPIS) yang menaungi Persebaya 1927 dan bukan urusan PSSI.

"Keputusan pengesahan status dari Evan merupakan kewajiban LPIS. Jadi, PSSI tak berhak untuk mengesahkan status pemain yang klubnya non-anggota kita," ujar Joko di Kantor PSSI, Jakarta, Selasa (24/9/2013).

CEO PT Liga Indonesia itu juga menambahkan bahwa PSSI dalam membuat keputusan sangat berhati-hati agar dapat dipahami oleh semua yang bukan anggota PSSI.

"Untuk keputusan bagi klub maupun tim yang bukan anggota PSSI, kami harus berhati-hati. Kami juga tak ingin terlalu membahas ini menjadi suatu polemik nantinya," tambahnya.

Manajer Persebaya 1927 telah mengajukan proses mengenai status pemain yang bernama lengkap Evan Dimas Darmono kepada PSSI sejak awal tahun 2013 silam. Akan tetapi, PSSI enggan mengesahkan status Evan dari pemain amatir menjadi pemain profesional, dikarenakan Persebaya 1927 dianggap bukan anggota mereka. (Vin)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.