Sukses

Shin Tae-yong Sambut Kembalinya Rafael Struick Jelang Duel Timnas Indonesia Vs Irak di Piala Asia U-23

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong bakal ketambahan amunisi penting berkat kembalinya Rafael Struick saat duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024 melawan Irak di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong bakal ketambahan amunisi penting saat menantang Irak dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa pada Kamis (2/5/2024) pukul 22.30 WIB.

Juru taktik asal Korea Selatan kini bisa kembali menggunakan jasa pemain muda andalannya Rafael Struick yang sempat absen dalam partai semifinal kontra Uzbekistan lantaran terkena akumulasi kartu kuning.

Sekadar informasi, Struick memang menjadi sosok penting dibalik keberhasilan Garuda Muda melaju hingga empat besar Piala Asia U-23 2024. Penggawa ADO Den Haag itu tampil tajam dengan menyumbang 2 gol saat Timnas Indonesia U-23 menghajar Korea Selatan di perempat final.

Sayangnya, Struick terkena dua kartu kuning beruntun, yakni saat melawan Yordania dan Taeguk Warriors muda. Alhasil dia terpaksa melewatkan satu pertandingan dan baru bisa kembali saat Garuda Muda memperebutkan predikat juara 3 AFC Asian Cup U-23 dengan Irak.

"Dia (Rafael Struick) sudah bermain dengan sangat baik sejak awal kompetisi, dia tampil baik mulai dari fase grup dan jelas dia adalah salah satu pemain kunci kami," ucap Shin Tae-yong jelang laga melawan Irak.

"Tentu bukan niat dia (mendapat kartu kuning), tetapi sayangnya Struick harus menjalani larangan bermain satu pertandingan (saat semifinal).

"Walau demikian, dari situ dia bisa mendapat waktu recovery lebih, sehingga menjadi lebih bugar. Saya kira dia bisa berkontribusi buat tim kami (di laga perebutan juara 3)," tandas juru taktik Garuda Muda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Kantongi Kunci Keberhasilan Lawan Irak

Di samping kembalinya Rafael Struick, pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong juga sudah mengantongi satu hal yang diyakini bakal jadi kunci keberhasilan timnya saat melawan Irak.

Juru taktik asal Korea Selatan menilai kecepatan pemulihan pemain serta kesiapan mental menjadi faktor penting yang bisa memenangkan anak-anak asuhnya dalam duel perebutan juara 3 Piala Asia U-23 malam nanti.

"Sebenarnya, skuad kami menghadapi beberapa kesulitan dalam hal kebugaran pemain (karena sudah terkuras saat lawan Uzbekistan). Jadi kami saat ini sedang fokus recovery," beber STY soal kondisi Timnas Indonesia U-23.

"Saya pikir hasil pertandingan besok akan bergantung pada kecepatan pemulihan dan kesiapan mental kedua tim. Makanya kami saat ini fokus untuk pulih secara cepat dari kekalahan sebelumnya, dan kami berupaya menguatkan mental agar bisa menang melawan Irak besok," tambah dia.

3 dari 4 halaman

Shin Tae-yong Mohon Bantuan AFC

Lebih lanjut, Shin Tae-yong juga tak segan meminta bantuan AFC selaku konfederasi sepak bola Asia untuk bersikap respek dan adil selama duel perebutan juara 3.

Hal itu dinilai amat diperlukan demi memastikan pertandingan Timnas Indonesia U-23 melawan Irak berjalan sebagaimana mestinya.

"Ini adalah perebutan tempat ketiga. Tentu semua tim akan melakukan yang terbaik, dan saya harap AFC bisa membantu agar laga ini bisa berlangsung secara terhormat," ucap Shin Tae-yong.

4 dari 4 halaman

Jadwal Final dan Perebutan Peringkat 3 Piala Asia U-23 2024

Perebutan Juara 3

Irak U-23 vs Timnas Indonesia U-23

Kamis, 2 Mei 2024

22.30 WIB

Stadion Abdullah bin Khalifa

 

Final

Jepang U-23 vs Uzbekistan U-23

Jumat, 3 Mei 2024

22.30 WIB

Stadion Jassim Bin Hamad

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.