Sukses

Vitesse Tertahan, Red Star Tumbang

Sempat unggul, Vitesse harus puas bermain imbang 1-1 dengan Petrolul Ploiesti di leg pertama putaran ketiga kualifikasi Europa League.

Wakil Belanda, Vitesse Arnhem gagal mempertahankan keunggulan dan harus puas berbagi angka 1-1 (1-1) dengan wakil Rumania, Petrolul Ploiesti, di leg pertama putaran ketiga kualifikasi Europa League yang berlangsung di Stadionul Ilie Oana, Ploiesti, Kamis, 1 Agustus 2013.

Setelah bermain tanpa gol di babak pertama, tujuh menit setelah babak kedua dimulai, Vitesse unggul 1-0 melalui eksekusi penalti strikernya asal Brasil Jonathan Reis. Hadiah penalti diberikan menyusul pelanggaran yang dilakukan bek Petrolul, Alexandru Benga terhadap Reis.

Namun, kemenangan krusial yang telah berada di depan mata pupus dari jangkauan Vitesse menyusul terciptanya gol balasan dari tuan rumah di menit ke-83 yang dihasilkan bomber andalan Gheorghe Grozav. Dengan skor 1-1, Vitesse cukup bermain imbang tanpa gol atau menang 1-0 di leg kedua pekan depan guna meraih tiket ke babak play-off.

Sementara itu, wakil Ukraina, FC Chornomorets Odesa membuat kejutan dengan meraih kemenangan cukup meyakinkan 3-1 (2-0) atas tamunya klub Serbia, Red Star Belgrade. Tiga gol kemenangan Odesa dicetak Sito Riera di menit ke-32, Franck Djadjedje di menit ke-38, dan eksekusi penalti Aleksey Antonov di menit ke-78. Satu-satunya gol balasan Red Star dihasilkan Vukan Savicevic di menit ke-59.

Hasil lainnya:
Trencin (Slovakia) vs Astra Giurgiu (Rumania) 3-1
Aktobe Lento (Kazakhstan) vs Breidablik (Islandia) 1-0
Dinamo Minsk (Belarusia) vs Trabzonspor (Turki) 0-1
Qarabag (Azerbaijan) vs Gefle IF (Swedia) 1-0
Ventspils (Latvia) vs Maccabi Haifa (Israel) 0-0
Jablonec (Rep Ceska) vs Stromsgodset (Norwegia) 2-1
Minsk (Belarusia) vs St Johnstone (Skotlandia) 0-1
(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.