Sukses

Shakhter Selangkah Lagi Lolos ke Play-off

Shakhter Karagandy selangkah lagi lolos ke fase play-off usai kalahkan Skenderbeu 3-0 di leg pertama putaran ketiga kualifikasi.

Wakil Kazakhstan, FC Shakhter Karagandy selangkah lagi mencatat sejarah meraih tiket ke fase play-off Liga Champions. Di leg pertama putaran ketiga kualifikasi yang berlangsung di kandang sendiri, Astana Arena, Selasa 30 Juli 2013, Shakhter menggilas tamunya dari Albania, Skenderbeu Korce dengan skor meyakinkan 3-0 (1-0).

Setelah sukses mempecundangi FC BATE Borisov di putaran kedua, skuat asuhan Viktor Kumykov tampil gemilang di depan pendukungnya sendiri dengan tiga kali menjebol gawang Skenderbeu yang dikawal kiper Orges Shehi. Gol pertama lahir di menit kedelapan melalui sundulan bek Bosnia Aldin Dzidic memanfaatkan umpan dari tendangan penjuru.

Sayang, sampai babak pertama berakhir, tuan rumah gagal menambah keunggulan. Di awal babak kedua, Shakhter kesulitan menembus rapatnya pertahanan Skenderbeu. Namun, di 11 menit terakhir, akhirnya tuan rumah mampu memastikan kemenangan lewat gol yang dicetak striker pengganti Roman Murtazayev di menit ke-79 dan tandemnya Sergei Khizhnichenko di pengujung laga. Skor 3-0.

Dengan demikian, di leg kedua yang berlangsung di Qemal Stafa Stadium, Tirana, 6 Agustus mendatang, Shakhter tinggal mencari hasil imbang guna memastikan diri melaju ke babak play-off Liga Champions musim 2013-2014.

Hasil meyakinkan juga diraih dua tim unggulan, Steaua Bucuresti dan Viktoria Plzen. Bertandang ke Dinamo Arena, Tbilisi, Steaua mampu mencuri kemenangan krusial 2-0 (0-0) atas tuan rumah Dinamo Tbilisi. Kedua gol kemenangan Steaua diborong Gabriel Iancu di menit ke-64 dan ke-80.

Sementara, Plzen tanpa ampun menghajar tuan rumah Nomme Kalju (Estonia) dengan skor sangat telak 4-0 (1-0). Bek kawakan Marian Cisovsky mencetak hat-trick lewat tiga golnya di menit kedua, ke-52 dan menit kedua injury time. Satu go lainnya dihasilkan Michal Duris di menit ke-78.

Hasil lainnya, di General Arena, Wina, tuan rumah Austria Wien meraih kemenangan tipis 1-0 langsung atas tamunya wakil dari Islandia, Fimleikafelag Hafnarfjardar (FH). Gol semata wayang kemenangan Austria Wien dicetak Daniel Royer di menit ke-25. (*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.