Sukses

Bukan Pemain Paling Berpengaruh, Nilai Ekonomi Messi Tertinggi

CIES merilis analisa nilai ekonomi para pemain. Messi punya nilai tertinggi tapi bukan dia yang paling berpengaruh. Lalu siapa?

Baru-baru ini, CIES (International Center for Sports Studies) Football Observatory, kembali merilis analisis tahunannya terkait lima kompetisi utama di Eropa: Liga Premier Inggris, Bundesliga Jerman, La Liga Spanyol, Serie A Italia, dan Ligue 1 Prancis.

Yang menarik, dalam bagian akhir analisis tahunannya itu, CIES yang didukung penuh FIFA melansir nilai ekonomis para pemain. Besaran nilai dimaksud merupakan jumlah kumulatif dari sejumlah faktor seperti penampilan bersama klub, konsistensi permainan (semisal gol dan assist), posisi, usia, dan durasi kontrak pemain yang bersangkutan.

Hasilnya? Tak heran jika bintang Barcelona, Lionel Messi, berada di peringkat pertama. Dengan prestasi empat kali menggondol FIFA/Ballon d’Or, tiga kali peraih European Golden Shoe, value atau nilai Messi ditaksir mencapai besaran antara 217,4 dan 252,6 juta euro. Jumlah ini dapat dikatakan sama besar dengan jumlah klausul rilis buy-out bintang Argentina berusia 26 tahun ini dalam kontrak kerjanya di Camp Nou yang mencapai kitaran 250 juta euro atau sekitar Rp 3,25 triliun (dengan catatan 1 euro = Rp 13.000).

Dengan faktor itulah, bintang Real Madrid asal Portugal, Cristiano Ronaldo, menduduki peringkat kedua dan mempunyai value antara 102,2 dan 118.7 juta euro. Besaran ini tentunya lebih besar dibanding mahar yang dikeluarkan Madrid saat mencomot Ronaldo dari Manchester United pada musim panas 2009 yang berjumlah 94 juta euro.

Selain soal nilai ekonomis, CIES pun melansir laporan terkait pemain yang paling berperan atau berkontribusi di ajang Liga Champions. Hasilnya, playmaker Barcelona Xavi Hernandez dinobatkan sebagai pemain paling berpengaruh, menyingkirkan Messi yang menduduki peringkat kedua. Yang cukup mengherankan, tidak ada satu pemain dari Borussia Dortmund yang menempati 10 besar. Padahal, skuat asuhan Jurgen Klopp tampil sebagai finalis Liga Champions. (Sport/bek)

Baca juga:
* <a href="http://bit.ly/159zozy">[Full Time] Bantai Spanyol, Brasil Juara</a>
* <a href="http://bit.ly/16IXG2v">Ditanya Soal Jadi Pelatih Indonesia, Ini Jawaban Maradona</a>
* <a href="http://bit.ly/15WFkIY">Buffon Bawa Italia Raih Juara Ketiga</a>
* <a href="http://bit.ly/19MdVkz">Debut Guardiola, Muenchen Menang 15-1</a>
* <a href="http://bit.ly/13gufYE">Ini Bukti Maradona Jadi Alat Kampanye di Makassar</a>
* <a href="http://bit.ly/118XPOi">Erick Thohir Diminta Tak Umbar Janji di Inter Milan.</a>
* &lt;a href="http://bit.ly/13jYtIM"&gt;Anjing Peliharaan Gelandang Madrid Bernama `Messi`&lt;/a&gt;

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini