Sukses

Kemenangan 10-0 Spanyol Bukan yang Terbesar

Kemenangan 10-0 yang diraih Spanyol atas Tahiti menjadi rekor gol terbanyak yang tercipta di Maracana.

Seperti dugaan banyak pihak, Spanyol terlalu kuat untuk ditandingi Tahiti, tim yang dinilai paling lemah dari delapan negara yang berkiprah di Piala Konfederasi 2013. Prakiraan bakal terjadinya hujan gol ke gawang Toa Aito pun jadi kenyataan setelah Fernando Torres dkk 10 kali menjebol gawang Mickael Roche dalam lanjutan penyisihan Grup B yang berlangsung di Estadio do Maracana, Rio de Janeiro, semalam.

Menengok ke belakang, jumlah 10 gol yang dilesakkan Torres dkk ke gawang Roche menjadi rekor gol terbanyak yang pernah terjadi dalam pertandingan resmi FIFA yang digelar di Stadion Maracana. Sebelumnya, rekor gol terbesar dipegang Brasil yang menggunduli Chile 7-0 dalam partai persahabatan, 17 September 1959.

Sementara, jika dibandingkan dengan prestasi La Furia Roja sebelumnya, kemenangan telak 10-0 yang dibukukan pasukan asuhan Vicente Del Bosque semalam merupakan kemenangan dengan selisih gol terbesar ketiga sepanjang sejarah Spanyol.

Lalu, berapa skor terbesar yang pernah diukir La Furia Roja? Kemenangan 13-0 atas Bulgaria di partai persahabatan pada 1933 sampai saat ini masih menjadi rekor gol terbanyak yang dibukukan Spanyol di level internasional. Disusul dengan kemenangan 12-1 atas Malta di babak kualifikasi Piala Eropa 1984. Yang menarik, hasil tadi malam lawan Tahiti menjadi kemenangan dengan skor terbesar yang diraih Spanyol selama diasuh Del Bosque.

Dan, sekadar mengingatkan para pembaca, sampai saat ini skor terbesar yang pernah terjadi di pertandingan (resmi) internasional adalah laga antara Australia dan American Samoa yang berakhir dengan skor 31-0 bagi keunggulan Socceroos, April 2001. Archie Thompson tampil menggila dengan mencetak 13 gol! Menariknya, wasit yang memimpin jalannya pertandingan saat itu adalah Ronan Leaustic dari Tahiti. (berbagai sumber)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini