Sukses

Tiga Kandidat Penerus Ferguson di MU

Sir Alex Ferguson akan mundur dari kursi manajer Manchester United pada akhir musim ini.

Sir Alex Ferguson akan mundur dari kursi manajer Manchester United pada akhir musim ini. Pengumuman pengunduran diri ini disampaikan sendiri oleh Fergie dalam jumpa pers hari Rabu (8/5/2013). Menarik untuk dinanti siapa sosok suksesor pria berusia 71 tahun itu.

Beberapa kandidat sebenarnya bukan sosok asing. Jose Mourinho sungguh terobsesi dengan jabatan manajer The Red Devils. Di sisi lain David Moyes merupakan sosok yang dikagumi Sir Alex. Sedangkan pelatih Borussia Dortmund, Jurgen Klopp menjadi nama yang gencar dihubungkan dengan United. Pasalnya, Klopp memiliki misi yang sama yakni menciptakan para pemain muda di akademi klub.

Besar kemungkinan, Sir Alex bakal menunjuk langsung sosok suksesornya. Terlebih, dia telah beralih jabatan menjadi duta dari klub. Berikut profil singkat tiga calon manajer United musim depan:

Jose Mourinho

Bukan rahasia lagi kalau Jose Mourinho membidik kursi manajer Manchester United. Dua penuturan Mourinho musim ini bisa jadi faktor pendukung.

Kala menyingkirkan United pada babak 16 besar final Liga Champions, Mourinho menyingkirkan kebiasaan kontroversial. Dia justru bersikap simpati terhadap para penggawa The Red Devils. "Hari ini, tim terbaik telah kalah," tuturnya kala itu.

Belum lagi indikasi yang dicetuskan pria asal Portugal ini setelah fase semifinal. Dia membeberkan ketidaknyamanannya menukangi Real Madrid.

"Saya ingin berada di tempat di mana saya dicintai. Saya tahu, Inggris mencintai saya. Saya menyukai perlakuan media di sana yang cukup adil," pungkasnya.

Ego tinggi, arogan, agresif, menjengkelkan, dan hobi melancarkan urat syaraf adalah ciri khas Mou. Beberapa karakter tersebut bisa jadi benang merah antara Mourinho dan Ferguson. Walaupun Chelsea disebut menjadi klub terdepan dalam mendapatkan Mou, fakta kalau sang Special One pernah beberapa kali memuji MU tak bisa dikesampingkan begitu saja.


David Moyes

Nama David kerap dikumandangkan sebagai salah satu kandidat suksesor Sir Alex Ferguson. Terlebih, Ferguson juga kerap mengungkapkan kekagumannya terhadap Moyes.

David Moyes juga belum memperpanjang kontraknya dengan Everton yang akan berakhir musim panas tahun ini. Bukan tak mungkin, skenario berlabuh di Old Trafford sebagai suksesor Ferguson mewarnai lembaran karier Moyes.

Kontrak Moyes di Goodison Park akan segera berakhir dan nampaknya masih belum ada tanda-tanda akan mendapatkan perpanjangan. Akan tetapi, beberapa rumor menyebutkan bahwa jika Everton gagal menembus zona Liga Champions pada akhir musim ini, maka dia akan memilih berpetualang ke Bundesliga musim depan.

Setan Merah bisa dibilang seperti berjudi untuk merekrut Moyes. Pasalnya manajer berusia 50 tahun itu tidak mempunyai pengalaman di kompetisi Liga Champions.

Dengan usia 49 tahun, Moyes memiliki sisa karier yang cukup panjang. Dia juga sudah membuktikan dapat membuat Everton tetap disegani di Inggris meski tak pernah mendapat budget besar untuk belanja pemain.

Jurgen Klopp

Pada Mei 2008, Jurgen Klopp diperkenalkan menjadi manajer baru Borussia Dortmund. Dia menandatangani kontrak selama dua setengah musim bersama Dortmund untuk menggantikan manajer sebelumnya, Thomas Doll. Tiga tahun berselang dia berhasil membawa Dortmund meraih gelar Juara Bundesliga musim 2010/2011 dan 2011/2011.

Musim ini, bisa jadi adalah musim terbaik dari pelatih berusia 45 tahun itu. Dia berhasil membawa Dortmund melaju hingga babak final Liga Champions musim ini dengan hanya sekali menelan kekalahan.

Bersama armada muda Jerman semisal Mario Gotze, Marco Reus, Matt Hummels, Sven Bender dan Iikay Gundogan, Klopp berhasil menyingkirkan klub besar Eropa mulai dari Manchester City dan Ajax Amsterdam di babak penyisihan grup. Dan kemudian menumbangkan raksasa Spanyol, Real Madrid di babak semifinal Liga Champions musim ini.

Klopp menjadi nama yang gencar dihubungkan dengan United. Pasalnya, Klopp memiliki misi yang sama yakni menciptakan para pemain handal dari akademi klub. Kemunculan nama Klopp menjadi manajer MU tak lepas dari pernyataan Alex Ferguson yang menginginkan mantan pelatih Mainz itu berlabuh ke Old Trafford untuk menggantikannya. (Bek)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini