Sukses

Pelatih Portugal: Cristiano Ronaldo Tak Butuh Istirahat di Euro 2024

Pelatih Portugal, Roberto Martinez, menegaskan bahwa Cristiano Ronaldo cukup fit untuk bermain penuh selama 90 menit berulang kali di Euro 2024.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Portugal, Roberto Martinez, menegaskan bahwa Cristiano Ronaldo cukup fit untuk bermain penuh selama 90 menit berulang kali di Euro 2024. Martinez memuji pengalaman dan atletisme pemain berusia 39 tahun itu, yang dianggapnya masih sangat vital bagi tim nasional.

Ronaldo tampil penuh dalam kemenangan 2-1 atas Ceko dalam pertandingan pembuka Euro 2024 pada hari Rabu (19/6/2024) lalu, meski tidak mencetak gol. Menjelang pertandingan melawan Turki pada hari Jumat, Martinez membela keputusannya memainkan Ronaldo selama 90 menit.

"Apakah Anda tahu berapa menit yang dimainkan Cristiano musim lalu? Dia memiliki pengalaman yang tidak dimiliki pemain lain dalam sejarah sepak bola, dengan enam Kejuaraan Eropa yang telah dimainkannya," kata Martinez dalam konferensi pers.

"Penting untuk memahami apa yang dibawa seorang pemain. Cristiano membawa pengalaman, peluang gol, dan cara membuka ruang. Dia ada di tim nasional karena dia pantas berada di sini, lihat saja apa yang telah dia lakukan dan kontribusinya dalam kompetisi terakhir,"

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kontribusi Ronaldo dan Bintang Muda Francisco Conceicao

Ronaldo mencetak rekor Liga Pro Saudi dengan 35 gol untuk Al Nassr dalam musim penuh pertamanya di klub. Ia juga merupakan pencetak gol terbanyak sepanjang masa di sepak bola internasional pria dengan 130 gol. Martinez mengaku sangat terkesan dengan penampilan terkini Ronaldo.

“Dia sangat disiplin, bekerja keras, dan merupakan seorang predator di kotak penalti yang sangat penting,” kata Martinez. "Dia membuka ruang. Ketika Francisco [Conceicao] mencetak gol, ruang terbuka karena Cristiano berada di area penalti. Kami bekerja dengan fokus, dan Cristiano penting bagi kami dalam apa yang kami coba lakukan di area penalti,"

Conceicao, 21, secara mengejutkan dimasukkan dalam skuad Portugal untuk Euro 2024 setelah melakukan debut internasionalnya dalam pertandingan persahabatan pada bulan Maret. Martinez ditanya apakah Conceicao layak menjadi starter melawan Turki setelah mencetak gol kemenangan melawan Ceko.

“Kami memiliki 23 pemain lapangan, 10 yang masuk ke starting 11, dan satu tim yang menyelesaikan pertandingan,” kata Martinez. "Yang penting adalah semua orang siap ketika dipanggil. Di pertandingan terakhir kita melihatnya. Francisco masuk dan menunjukkan mengapa dia ada di Seleção,"

3 dari 3 halaman

Tantangan dari Tim Turki

Turki mengalahkan Georgia 3-1 dalam pertandingan pembuka mereka, dengan Arda Güler dari Real Madrid memecahkan rekor Ronaldo dari tahun 2004 sebagai pemain termuda yang mencetak gol pada debut Kejuaraan Eropa mereka pada usia 19 tahun dan 114 hari.

“Kami tahu Arda Güler adalah talenta sensasional, dia memiliki masa depan yang luar biasa,” kata Martinez. “Dia pemain yang sangat efisien, dan saya suka tim yang memberikan ruang kepada pemain muda. Tapi kami ingin menang dan kami akan melakukannya. Saya tidak setuju bahwa pertandingan ini akan lebih mudah daripada pertandingan pembuka kami, tidak ada pertandingan yang mudah di Kejuaraan Eropa.”

Namun, pelatih Turki, Vincenzo Montella, mengungkapkan bahwa Güler “secara fisik belum 100%” dan akan dinilai menjelang pertandingan di Dortmund. Montella tidak mengungkapkan secara pasti apa yang salah dengan Güler.

Pertandingan melawan Turki akan menjadi ujian berikutnya bagi Portugal, dan dengan Ronaldo di puncak kebugaran, mereka berharap dapat melanjutkan performa positif mereka di Euro 2024.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.