Sukses

Jakarta Jadi Tuan Rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025, Digelar di Indonesia Arena

Indonesia Arena akan menjadi venue utama Kejuaraan Dunia Senam 2025.

Liputan6.com, Jakarta- Event olahraga kelas dunia kembali dipercayakan kepada Indonesia. Yang terbaru Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2025 atau 53rd FIG Artistic Gymnastics World Championships.

Federasi Senam Internasional (FIG) memilih Indonesia sebagai tuan rumah setelah mengungguli Hungaria yang juga sempat berminat. Kejuraan Dunia Senam 2025 ini rencananya akan dipentaskan di Indonesia Arena, Jakarta. Pengurus Besar Persatuan Senam Indonesia (Persani) juga menyiapkan Jakarta Convention Center (JCC) sebagai tempat latihan.

Persani langsung melaporkan terpilihnya Indonesia sebagai tuan rumah kejuaraan dunia kepada Menpora Dito Ariotedjo. Ketua Gymnastics Indonesia Ita bersama Wakil Ketua Aang Sunadji, dan Sekretaris Jenderal Sri Sundari Kencana Ayu, serta jajaran pengurus lainnya bertemu dengan Menpora Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora, Jakarta, Selasa (7/5/24).

Menpora Dito sangat senang Indonesia bisa dipilih jadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Senam 2024. Dito menilai Indonesia memang harus memperkuat diri di olahraga senam jika ingin berprestasi di level Olimpiade.

“Kedatangan (Gymnastics Indonesia) dalam rangka melaporkan setelah Indonesia ditunjuk resmi oleh FIG untuk menjadi tuan rumah pada 2025 di Jakarta. Pemerintah sangat bahagia karena gymnastic adalah mother of sport. Ini cabor yang harus kita kuatkankan karena bergengsi di Olimpiade dan dunia,” kata Dito dalam press conference tadi sore.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Promosikan Indonesia

Kejuaraan Dunia Senam 2025 ini juga diharapkan bisa memberi dampak positif pada pariwisata Indonesia. Pasalnya ajang ini melibatkan 50 negara dengan atlet sekitar 500 orang.

“Dengan adanya World Championships yang diikuti 70 negara dapat mempromosikan Jakarta dengan fasilitas olahraganya yang memiliki kelas dunia. Juga dalam rangka menunjukkan Indonesia siap menyelenggarakan event bergengsi kelas dunia dan kejuaraan dunia di berbagai cabang olahraga," sambung Dito.

3 dari 3 halaman

Bangkitkan Olahraga Senam

Sementara itu ketua Persani Ita menilai terpilihnya Jakarta sebagai tuan rumah merupakan bentuk kepercayaan FIG kepada Indonesia. Hal ini juga sejalan dengan Design Besar Olahraga Nasional (DBON) dalam misi mencapai "Indonesia Emas" pada tahun 2045. Ita yakin kejuaraan dunia di Jakarta ini bakal membangkitkan semangat generasi muda akan olahraga senam.

“Gymnastics sebagai mother of sports bangga dapat berkontribusi, dan kami yakin penyelenggaraan World Championships dapat mendorong pembinaan gymnastics di Indonesia serta menginspirasi generasi muda untuk menjadi atlet elite yang berjuang demi keunggulan Merah Putih di panggung dunia,” ujar Ita.

Indonesia Arena sendiri dipilih karena merupakan venue olahraga terbaru yang dimiliki Indonesia. Kapasitasnya mencapai 16.000 penonton. Pembangunan Indonesia Arena awalnya untuk event Piala Dunia Bola Basket 2023.

Namun cabang olahraga indoor lain juga bisa dihelat disana. Bulan lalu, Kemenpora sukses menggelar pertandingan voli antara klub Korea Selatan, Jung Kwan Jang Red Sparks dengan Indonesia All-Star.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini