Sukses

Bruno Fernandes Bakal Tinggalkan Manchester United, Begini Tanggapan Erik ten Hag

Kendati Erik ten Hag yakin Fernandes masih betah di Manchester United setidaknya selama dua musim lagi, situasi sama tidak berlaku untuk masa depannya sendiri.

Liputan6.com, Jakarta Manajer Manchester United Erik ten Hag tidak khawatir dengan kemungkinan kapten Setan Merah Bruno Fernandes meninggalkan Old Trafford. Dia menyebut pemain asal Portugal itu bahagia bersama klubnya.

Terlepas dari kritik atas kejenakaannya di lapangan dan kesesuaiannya sebagai kapten klub, pemain internasional Portugal ini telah menjadi pemain penting bagi Manchester United sejak tiba dari Sporting Lisbon pada Januari 2020.

Fernandes telah mencetak 79 gol dan 64 assist dalam 230 pertandingan untuk MU di semua kompetisi, termasuk 15 gol dan 11 assist dari 45 pertandingan di musim ini.

Pemain berusia 29 tahun itu dipromosikan menjadi kapten permanen musim panas lalu setelah Harry Maguire dicopot dari ban kaptennya. Dia masih memiliki sisa dua tahun dalam kontraknya, yang juga mencakup opsi untuk 12 bulan berikutnya.

Namun, upaya Fernandes musim ini sebagian besar tidak membuahkan hasil. Manchester United berada di posisi terbawah grup Liga Champions dan tidak dapat lolos ke edisi tahun depan karena mereka berada di posisi ketujuh klasemen Liga Inggris.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fernandes Berpikir Tak Main Lagi di Liga Inggris

Playmaker asal Portugal itu masih bisa menjadi kapten Setan Merah saat mereka bersiap menghadapi Manchester City di final Piala FA untuk tahun kedua berturut-turut. Tapi, baru-baru ini muncul spekulasi bahwa Fernandes mungkin akan keluar.

Fernandes menekankan bahwa dia tidak akan memutuskan masa depannya setelah Euro 2024. Namun, dia seperti membuka pintu keluar, karena harus berpikir tentang kemungkinan tidak bermain di Liga Inggris musim depan.

Namun, berbicara kepada pers menjelang lawatan ke Crystal Palace, Ten Hag mengatakan bahwa kutipan Fernandes telah diambil di luar konteks, dan dia yakin sang gelandang sangat bahagia di Old Trafford.

3 dari 5 halaman

Ten Hag Yakin Fernandes Bertahan di MU

Ditanya apakah dia ingin mempertahankan Fernandes di klub? "Tentu saja, tetapi [wawancara] itu juga diambil di luar konteks. Saya bahkan belum bertanya [Fernandes tentang konteksnya] karena saya tahu dia adalah Manchester United dan Saya pikir dia sangat senang berada di sini."

Bos Man United itu kemudian ditanya apakah dia bisa membayangkan pemain berusia 29 tahun itu setidaknya menghabiskan dua tahun terakhir kontraknya di Old Trafford, dan dia hanya menjawab: “Pasti”.

4 dari 5 halaman

Masa Depan Ten Hag di Manchester United Diragukan

Meskipun Ten Hag yakin Fernandes akan tetap berada di Theatre of Dreams setidaknya selama dua musim lagi, hal yang sama tidak berlaku untuk masa depannya sendiri, karena kontraknya hanya berlaku hingga 2025.

Penurunan tajam Setan Merah musim ini secara alami menimbulkan dugaan bahwa pemecatan – yang sekarang dilakukan oleh rezim baru Sir Jim Ratcliffe – akan segera berakhir. Tapi, ia masih berkomitmen untuk Man United, bahkan tanpa dukungan publik dari pimpinan INEOS tersebut.

5 dari 5 halaman

Bayern Munchen Hubungi Perwakilan Ten Hag

Pada tahap ini, hierarki belum mempunyai rencana segera untuk memberikan dukungan kepada Ten Hag. Namun, mereka telah menyusun strategi keluar untuk memastikan transisi yang mulus jika situasi berubah.

Di tengah ketidakpastian, Bayern Munchen dikabarkan telah menghubungi perwakilan Ten Hag untuk menilai apakah ia tertarik pindah ke Jerman, mengingat Thomas Tuchel akan mundur dari jabatannya di akhir musim.

Tuchel secara kebetulan dianggap sebagai pesaing utama untuk pekerjaan di Man United jika Ten Hag pergi, daftar tersebut juga mencakup Graham Potter dan pelatih kepala Inggris Gareth Southgate.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • MU merupakan akronim dari Manchester United, klub yang berlaga di kasta tertinggi sepak bola Inggris, Permier League.

    MU

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • bruno fernandes

  • Erik ten Hag