Sukses

Pilih Hadapi Jepang di Perempat Final Piala Asia U-23, Ini Kata STY soal Calon Lawan Timnas Indonesia

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mulai angkat bicara mengomentari kekuatan Jepang yag berpotensi jadi calon lawan Garuda Muda di babak perempat final Piala Asia U-23 2024 apabila berhasil merebut status juara grup B.

Liputan6.com, Jakarta Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mulai angkat bicara mengomentari kekuatan calon lawannya jelang babak perempat final Piala Asia U-23 2024.

Seperti diketahui, Garuda Muda memang sudah mengunci tiket ke fase 8 besar kompetisi sepak bola level Asia, menyusul keberhasilan Marselino Ferdinan dan kawan-kawan finis sebagai runner-up grup A.

Timnas Indonesia U-23 tercatat mengumpulkan 6 poin dari 3 pertandingan berkat kemenangan atas Australia dan Yordania, sehingga membuat mereka cuma berselisih satu angka dengan sang juara grup Qatar yang baru saja ditahan imbang Olyroos di matchday pemungkas.

Adapun Garuda Muda setelah ini bakal ditantang lawan maha berat di babak knock-out Piala Asia U-23 2024. Skuad racikan STY harus menghadapi pemegang status juara grup B antara Korea Selatan atau Jepang.

Kedua negara masih akan bersaing memperebutkan posisi teratas klasemen dalam duel terakhir fase grup. Jepang dan Korea Selatan dijadwalkan bersua di Stadion Jassim Bin Hamad pada Senin (22/4/2024) pukul 20.00 WIB.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 sendiri sejak awal sudah membeberkan preferensinya terkait calon lawan Garuda Muda di perempat final Piala Asia U-24. Shin Tae-yong lebih memilih meladeni Qatar ketimbang harus bersaing dengan negaranya sendiri dalam partai 8 besar.

"Saya lebih memilih melawan Jepang. Karena menurut saya, akan lebih baik bagi tim kami menghadapi Jepang (dibanding Korea Selatan)," ucap juru taktik asal negeri ginseng belum lama ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

STY Pantang Remehkan Jepang

Terlepas dari keinginannya menantang Jepang di perempat final, Shin Tae-yong sama sekali pantang meremehkan pasukan muda Samurai Biru. Malahan eks pelatih Timnas Korea Selatan menilai Jepang merupakan tim yang kompak serta memiliki kualitas pemain yang mumpuni.

"Sepak bola Jepang adalah termasuk yang bagus, mereka punya banyak pemain dengan kualitas baik," ucap Shin Tae-yong saat ditanyai pendapat soal calon lawannya di perempat final Piala Asia U-23 2024.

"Tentu menghadapi Jepang akan menjadi salah satu pertandingan berat bagi kami. Tapi, tidak akan menyerah. Kami masih punya waktu untuk bersiap."

"Timnas Jepang sangat kompak, (tetapi) kami akan melakukan yang terbaik untuk mempersiapkan pertandingan ini," tandas nakhoda Timnas Indonesia U-23 selepas kemenangan atas Yordania di laga pemungkas, Minggu (21/4/2024) malam WIB.

3 dari 3 halaman

Pasang Target ke Semifinal

Sementara itu dengan keberhasilan merengkuh tiket 8 besar, Shin Tae-yong diam-diam menyimpan ambisi lebih besar bersama Timnas Indonesia U-23.

Juru taktik asal Korea Selatan mengaku dirinya tertantang membawa Garuda Muda melangkah lebih jauh, setidaknya hingga partai semifinal Piala Asia U-23 2024.

"Sepak bola Indonesia telah melewati banyak hal, saat ini adalah kesempatan bagi kami untuk terus menanjak naik. Karenanya saya menerima tantangan tersebut (mengantar skuad U-23 ke semifinal) sebagai pelatih kepala Timnas Indonesia," ucap Shin Tae-yong.

"Saat kami membuat sejarah ini bersama para pemain, saya sangat senang. Di turnamen ini, saya juga telah mencapai 50 persen dari target saya. Kami belum tahu siapa yang akan kami lawan antara Jepang dan Korea (di perempat final), jadi saya akan menyaksikan pertandingan keduanya (Senin malam nanti)," pungkas juru taktik berusia 53 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.