Sukses

Lobi Erick Thohir Sukses, Nathan Tjoe-A-On Bisa Bela Timnas Indonesia di Piala Asia U-23

Nathan Tjoe-A-On bisa ikut membela Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024. Klubnya SC Heerenveen telah memberi restu pada sang pemain untuk menyusul rekan-rekannya di Qatar setelah Ketum PSSI Erick Thohir kerja keras melakukan upaya lobi.

Liputan6.com, Jakarta Kerja keras Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, melobi klub Eredivisie SC Heerenveen berbuah manis. 

Tim yang berkompetisi di kasta tertinggi sepak bola Belanda itu akhirnya resmi melepas bek Timnas Indonesia U-23 Nathan Tjoe-A-On untuk membela Merah Putih di gelaran Piala Asia U-23 2024. 

Seperti diketahui, Garuda Muda memang dijadwalkan tampil dalam ajang sepak bola level Asia yang dihelat di Qatar mulai 15 April hingga 3 Mei mendatang. 

Anak-anak asuh Shin Tae-yong yang berstatus sebagai debutan langsung ditantang lawan berat sejak fase grup. Timnas Indonesia U-23 harus melewati adangan tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania jika ingin tembus ke babak selanjutnya.

Turnamen ini juga jadi salah satu ajang penentu masa depan Shin Tae-yong bersama Timnas Indonesia. Juru taktik Belanda diberi tugas mengantar Merah Putih tembus ke 8 besar Piala Asia U-23 2024 sebagai bagian dari syarat mendapat kontrak baru dari PSSI. 

Persiapan serius pun telah dilakukan Rizky Ridho dan kawan-kawan sejak awal April. Garuda Muda menggelar pemusatan latihan di Dubai sekaligus melahap dua laga uji coba melawan Arab Saudi yang berbuntut kekalahan 1-3, serta kontra Uni Emirat Arab yang berakhir dengan 1-0 untuk kemenangan Timnas Indonesia U-23.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Garuda Muda Ketambahan Amunisi

Tak hanya mendapat dorongan dari sesi persiapan serta pemusatan latihan, Timnas Indonesia U-23 juga kembali mendapat suntikan berharga sesaat jelang penampilan perdananya di Piala Asia U-23 2024.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengonfirmasi bahwa SC Heerenveen resmi melepas Nathan Tjoe-A-On pada 14 April, atau sehari jelang laga pembuka Timnas Indonesia U-23 melawan Qatar. 

Pemain berusia 22 tahun itu pun sudah langsung melakukan perjalanan untuk menyusul rekan-rekannya. Erick Thohir menilai hal ini merupakan bukti upaya keras PSSI dalam memastikan Garuda Muda bisa diperkuat pemain-pemain pilihan dalam ajang sepak bola level U-23.

"Kami baru mendapat kabar baik bahwa Nathan bisa tampil di Piala Asia U-23. Nathan bergabung di Doha tanggal 15 pagi," ujar Erick dalam keterangannya yang diterima pada Minggu (14/4/2024). 

"Itu artinya PSSI berupaya semaksimal mungkin agar pemain-pemain dapat bergabung, baik pemain dari liga 1, maupun yang bermain di luar negeri. Dan saya bersyukur meski membutuhkan waktu, tapi hampir seluruh pemain dilepas klubnya," sambung sosok yang merangkap Menteri BUMN itu.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia U-23 di Piala Asia U-23 2024

Senin, 15 April 2024

22.30 WIB: Qatar vs Indonesia

Kamis, 18 April 2024

20.00 WIB: Indonesia vs Australia

Minggu, 21 April 2024

22.30 WIB: Yordania vs Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.