Sukses

Rebut Tiket Olimpiade Paris 2024, Pebulu Tangkis Indonesia Diminta Bidik Status Unggulan

Pebulu tangkis Indonesia memiliki tugas mengamankan posisi unggulan yang akan menguntungkan mereka di Olimpiade 2024 Paris. Untuk itu, Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan harus tampil maksimal di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (9-14 April), Thomas-Uber Cup (28 April-5 Mei), dan Indonesia Open (4-9 Juni).

Liputan6.com, Jakarta - Pebulu tangkis Indonesia memiliki tugas mengamankan posisi unggulan yang akan menguntungkan mereka di Olimpiade 2024 Paris. Untuk itu, Anthony Sinisuka Ginting dan kawan-kawan harus tampil maksimal di Kejuaraan Bulu Tangkis Asia (9-14 April), Thomas-Uber Cup (28 April-5 Mei), dan Indonesia Open (4-9 Juni).

“Ini juga butuh strategi yang jitu serta kesiapan para atlet. Semoga kepastian tiket ini memberi semangat baru bagi para atlet dan seluruh tim,” ujar Ketua Tim Ad Hoc Olimpiade Paris 2024 PBSI M Fadil Imran dalam keterangan resmi kepada media.

Indonesia sudah memastikan wakil di lima nomor cabang olahraga bulu tangkis Olimpiade Paris. Skuad Merah-Putih akan diwakili Jonatan Christie dan Anthony Sinisuka Ginting (tunggal putra), Gregoria Mariska Tunjung (tunggal putri), Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (ganda putra), Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti (ganda putri), dan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari (ganda campuran).

“Alhamdulillah, kita telah mencapai satu tonggak penting dalam perjalanan menuju Olimpiade. Ini adalah buah ketekunan menjalankan proses dari para atlet, pelatih, ofisial, dan tim pendukung,” kata Fadil.

“Capaian ini juga merupakan hasil strategi jitu dalam menyusun peta jalan atlet dalam mengikuti berbagai turnamen sepanjang tahun ini. Ini adalah hasil kerja kolektif,” ujarnya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pertahankan Tradisi Emas Olimpiade

Bulu tangkis menyusul sejumlah cabang olahraga Indonesia lain yang telah memastikan keikutsertaan mereka dalam Olimpiade tahun ini, yakni panahan, senam artistik, menembak, panjat tebing, selancar, angkat besi, dan atletik.

Sebelumnya pada Olimpiade 2020 Tokyo, Indonesia membawa pulang medali emas ganda putri yang dimenangkan Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan medali perunggu tunggal putra yang diperoleh Anthony Sinisuka Ginting.

“Saya mengapresiasi semua pihak yang terlibat dalam persiapan Olimpiade ini karena telah bergerak dalam satu visi, satu semangat, memberikan yang terbaik untuk Merah Putih. Terima kasih juga kepada seluruh masyarakat Indonesia yang terus memberikan doa, dukungan, kritik, dan saran kepada kami,” kata Fadil.

3 dari 3 halaman

Target Medali Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Dari cabor lain, diketahui atlet Indonesia lain yang sudah merebut tiket Olimpiade 2024 adalah Nurul Akmal (angkat besi), Eko Yuli Irawan (angkat besi), Rizky Juniansyah (angkat besi), Arif Dwi Pangestu (panahan), dan Diananda Choirunisa (panahan).

Lalu ada Desak Made Rita Kusuma Dewi (panjat tebing), Rahmad Adi Mulyono (panjat tebing), Rifda Irfanaluthfi (senam), Fathur Gustafian (menembak), dan Rio Waida (selancar).

Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari sebelumnya menyatakan jumlah atlet yang lolos ke Olimpiade Paris masih berpeluang besar bertambah karena beberapa cabang olahraga masih menjalani kualifikasi hingga Juni 2024.

KOI akan menetapkan target medali pada Olimpiade Paris setelah semua cabang olahraga menjalani kualifikasi.

"Setelah semua cabang menjalani kualifikasi kami akan duduk bersama-sama dengan Kemenpora untuk menentukan target medali pada Olimpiade," ujarnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini