Sukses

Dapat Restu FC Utrecht, Ivar Jenner Susul Timnas Indonesia U-23 ke Dubai

Pemain abroad Timnas Indonesia U-23 Ivar Jenner dipastikan segera menyusul rekan-rekannya ke TC Piala Asia U-23 di Dubai. Pesepak bola berusia 20 tahun itu sudah mendapat restu dari klubnya, FC Utrecht, untuk memenuhi panggilan internasional bersama Garuda Muda.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia mendapat tambahan amunisi jelang menyambut ajang Piala Asia U-23 2024. Pemain abroad Ivar Jenner resmi dilepas oleh klubnya FC Utrecht untuk mengikuti pemusatan latihan bersama Garuda Muda di Dubai.

Seperti diketahui, Shin Tae-yong sebelumnya telah memanggil total 28 nama guna memperkuat tim racikannya dalam turnamen sepak bola level U-23 Asia. Mayoritas penggawa merupakan jebolan klub lokal Liga 1, sementara enam di antaranya bermain di luar negeri.

Adalah Ivar Jenner (FC Utrecht), Marselino Ferdinan (KMSK Deinze), Pratama Arhan (Suwon FC), Nathan Tjoe-A-On (SC Heerenveen), Rafael Struick (ADO Den Haag), dan Justin Hubner (Cerezo Osaka) yang menjadi deretan pemain abroad dalam skuad pilihan Shin Tae-yong.

Keenamnya belum sempat bergabung dengan Timnas Indonesia U-23 kala Garuda Muda berangkat dari Jakarta menuju lokasi pemusatan latihan (TC) di Dubai, Senin (1/3/2024) lalu.

Kendati begitu, Ivar Jenner dipastikan jadi pemain abroad pertama yang bisa menyusul rekan-rekannya dalam waktu dekat, setelah dia dipersilakan menjalani tugas internasional oleh klubnya.

"Ivar Jenner pergi (menyusul) ke pemusatan latihan (TC) dengan Timnas Indonesia muda untuk mempersiapkan diri mengikuti Piala Asia U-23," tulis FC Utrecht melalui cuitannya di X pada Selasa (2/4/2024) malam WIB.

"Sukses, Ivar," tambah klub yang kini berkompetisi di kasta teratas Liga Belanda, Eredivisie itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Piala Asia U-23 Tak Masuk Agenda FIFA

Sekadar informasi, Timnas Indonesia U-23 memang harus bekerja ekstra keras untuk merayu klub-klub luar negeri agar mau melepas pemainnya mengikuti TC sekaligus kompetisi Piala Asia U-23 2024, April ini.

Turnamen sepak bola yang berlangsung di Qatar itu memang tidak masuk dalam agenda resmi FIFA, sehingga pihak klub tak punya kewajiban untuk mengirim penggawa memenuhi panggilan internasional.

Di Indonesia saja, PSSI harus mengambil langkah besar guna menghindari timbulnya pedebatan terkait pencomotan pemain ke timnas. Federasi sepak bola Tanah Air menunda sementara kelanjutan Liga 1 untuk memberi keleluasaan kepada Shin Tae-yong dalam mengkurasi skuad.

Sayangnya, strategi serupa jelas tak mempan bagi pemain-pemain yang berkarier di luar negeri. PSSI cuma bisa mengandalkan negosiasi sembari menunggu pihak klub memberi respons positif terkait pelepasan penggawa pilihan Shin Tae-yong.

3 dari 3 halaman

Jadwal Timnas Indonesia di Piala Asia U-23 2024

Timnas Indonesia U-23 tergabung dalam grup A Piala Asia U-23 2024 bersama tuan rumah Qatar, Australia, dan Yordania. Simak jadwal lengkap pertandingan Garuda Muda di fase penyisihan grup berikut ini.

Senin, 15 April 2024

22.30 WIB: Qatar U-23 vs Timnas Indonesia U-23

Kamis, 18 April 2024

20.00 WIB: Timnas Indonesia U-23 vs Australia U-23

Minggu, 21 April 2024

22.30 WIB: Yordania U-23 vs Timnas Indonesia U-23

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.