Sukses

Kiper Vietnam Beber 2 Keunggulan Timnas Indonesia Jelang Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kiper Vietnam Filip Nguyen menyebut Timnas Indonesia punya dua keunggulan jelang melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra The Golden Star di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) pada Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Liputan6.com, Jakarta Kiper Vietnam Filip Nguyen mengakui Timnas Indonesia punya dua keunggulan jelang melakoni laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2026 kontra The Golden Star pada Kamis (21/3/2024) pukul 20.30 WIB.

Pasukan Garuda berpotensi tampil lebih kuat berkat kehadiran sejumlah penggawa naturalisasi ditambah dukungan langsung suporter di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Seperti diketahui, Indonesia dan Vietnam memang dua kali dijadwalkan bersua dalam lanjutan FIFA World Cup 2026 Qualifiers, Maret ini. Skuad racikan Shin Tae-yong lebih dulu menjamu The Golden Star di SUGBK, sebelum gantian bertandang ke My Dinh National Stadium, Selasa (26/3/2024) mendatang.

Filip Nguyen yang berposisi sebagai penjaga gawang Vietnam menilai ada setidaknya dua kelebihan yang dimiliki Timnas Indonesia jelang duel perdana kedua negara di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Kombinasi kekuatan pemain naturalisasi serta dukungan suporter di lapangan bisa menjadi faktor pembeda yang membuat anak-anak asuh Shin Tae-yong tampil kuat kala menjamu musuh bebuyutannya.

Adapun pasukan Garuda memang baru menambah amunisi lewat kehadiran 4 pemain keturunan yang belum lama ini mendapat status WNI. Jay Idzes, Thom Haye, Ragnar Oratmangoen, hingga Nathan Tjoe-A-On menjadi deretan nama yang berpotensi menambah warna Timnas Indonesia dalam perhelatan kali ini.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Komentar Filip Nguyen soal Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Meski sempat menuai komentar beragam dari pemain Timnas Vietnam lain, Filip Nguyen nyatanya menganggap penggawa naturalisasi Indonesia bisa menjadi ancaman buat ia dan rekan-rekannya.

Hal itu lantaran mayoritas pemain keturunan Merah Putih lahir dan besar di Eropa, sehingga mereka sudah pernah mengecap persaingan sepak bola ala benua biru.

"Indonesia saat ini lebih kuat dibanding sebelumnya berkat sederet pemain naturalisasi. Mereka adalah penggawa yang lahir dan besar di Eropa, sehingga pada dasarnya punya keunggulan ketimbang kami dari segi bentuk tubuh dan kekuatan," ucap kiper Vietnam, seperti dilansir dari laporan VnExpress, Kamis (21/3/2024).

"Tentu akan sulit bagi Vietnam untuk menghadapi pemain seperti itu di dua pertandingan Kualifikasi Piala Dunia," tambah penjaga gawang berusia 31 tahun.

3 dari 4 halaman

Filip Nguyen Waspadai Atmosfer SUGBK

Lebih lanjut, keuntungan lain juga diperoleh Timnas Indonesia lantaran bakal tampil di kandang sendiri. Filip Nguyen menganggap dukungan dari sekitar 80.000 suporter SUGBK bisa memberi tekanan besar buat pasukan Vietnam.

"Dalam pertandingan kali ini, Indonesia juga mempunyai keuntungan karena akan bermain di kandang sendiri dengan dukungan dari hampir 80.000 penonton. Tekanan yang diberikan kepada kami akan sangat besar," ucapnya.

Kendati begitu, Filip Nguyen optimistis The Golden Star bakal mampu mengantisipasi perlawanan Timnas Indonesia. Pasalnya menurut sang kiper, Vietnam sudah terbiasa menghadapi tim-tim kuat di panggung internasional.

"Saya yakin Vietnam akan mampu mengatasi tantangan tersebut (saat melawan Timnas Indonesia). Kamai sudah terbiasa menghadapi tim-tim kuat. Kami akan meraih poin demi melanjutkan perjalanan kami (di Kualifikasi Piala Dunia 2026)," tandasnya.

4 dari 4 halaman

Timnas Indonesia di Dasar Klasemen Grup F

Sekadar informasi, Timnas Indonesia sebenarnya berada di posisi kurang nyaman dalam klasemen grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Skuad racikan Shin Tae-yong terjerembap di dasar tabel lantaran baru mengumpulkan 1 poin dari 2 pertandingan usai menelan kekalahan dari Irak dan dipaksa bermain imbang melawan Filipina.

Sementara itu, Vietnam saat ini menempati urutan 2 klasemen grup F dengan perolehan 3 angka dari 2 laga, tertinggal 3 poin dari Irak yang menghuni puncak tabel.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.